Eropa

Dituduh Pro Gulen, Turki Tangkap 22 Pengacara & Pemimpin Amnesty Internasional

Kamis, 08 Juni 2017 – 02.06 Wib,

SALAFYNEWS.COM, TURKI – Pemerintah Turki dilaporkan telah menangkap pimpinan lokal NGO Amnesty International atas dugaan hubungannya dengan jaringan Fethullah Gulen, yang dituduh Ankara telah mendalangi kudeta yang gagal pada tahun lalu di Turki. (Baca: Polisi Turki Tangkap Keponakan Perempuan Fethullah Gulen)

Organisasi Amnesty International dengan mengutip surat perintah penangkapan mengatakan bahwa polisi telah menangkap Taner Kilic dan 22 pengacara di provinsi Izmir di Laut Aegea karena diduga terlibat  dalam gerakan Gulen.

Sekretaris Jenderal Amnesty International, Salil Shetty mengatakan bahwa “Taner Kilic memiliki catatan panjang dan gigih dalam membela kebebasan yang ingin dihancurkan oleh pemerintah Turki”. (Baca: Gulen: Erdogan Kejam Seperti Hitler)

Amnesty International mengatakan bahwa kepolisian Turki telah menangkap Kilic di rumahnya di Izmir, pada selasa dini hari (06/06) sebelum membawanya ke kantornya. Ia menambahkan bahwa polisi menggeledah rumah dan kantornya dan Kilic masalah berada dalam tahanan pihak kepolisian.

Amnesty International mengatakan bahwa penangkapan tersebut diklaim tidak terkait dengan karya dan upaya yang dilakukan Kilic. Penyebab penangkapannya masih belum jelas, namun disebut-sebut bahwa sebab penangkapannya adalah kecurigaan adanya hubungan dirinya dengan jaringan Gulen. (Baca: Persekutuan Nakal Amerika-Turki)

Setelah upaya kudeta yang gagal yang terjadi pada Juli tahun lalu, pemerintah Turki telah menangkap hampir  50.000 orang dan memutasi dan memberhentikan lebih dari 150.000 orang termasuk petugas di lembaga militer dan kepolisian, guru, dan pegawai. Pemerintah Turki mengklaim bahwa mereka semua memiliki hubungan dengan gerakan Gulen yang dituduh bertanggung jawab atas upaya kudeta yang telah gagal tersebut. (SFA)

Sumber: Arabic.rt

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: