Fokus

Digugat Panitia #2019GantiPresiden, Kapolres Banyuwangi: Sampe Mati Saya Tidak Takut

POLRI larang deklarasi #2019GantiPresiden
POLRI larang deklarasi #2019GantiPresiden

BANYUWANGI – Panitia Deklarasi #2019GantiPresiden Banyuwangi berencana menggugat aparat kepolisian ke Pengadilan Negeri (PN) Banyuwangi. Gugatan ini ditujukan terhadap Kapolres Banyuwangi AKBP Donny Adityawarman, Kapolda Jawa Timur Irjen Polisi Machfud Arifin dan Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian.

Baca: Penolakan Deklarasi #2019GantiPresiden di Berbagai Daerah Berlanjut

Gugatan itu terkait tak kunjung dikeluarkannya Surat Tanda Terima Pemberitahuan (STTP) oleh polisi mengenai rencana aksi deklarasi #2019GantiPresiden yang akan digelar di Banyuwangi, Jawa Timur, pada Rabu (5/9/2018) nanti.

Sementara itu, Kapolres Banyuwangi AKBP Donny Adityawarman menanggapi ancaman gugatan tersebut dengan dingin. Dia menegaskan bahwa pihaknya tidak akan memberikan STTP untuk acara deklarasi itu.

Baca: Gus Yaqut ‘Gebuk’ Gerakan #2019GantiPresiden dan Ahmad Dhani

“Saya tidak takut kalau digugat. Sampek matek (sampai mati, red) ndak takut saya. Kenapa tidak kami beri izin itu jelas. Calon presiden itu ada dua. Dia pakai ganti presiden itu maksudnya apa? Itu makanya saya tolak,” tegas Donny, Minggu (2/9/2018), seperti dikutip detikcom.

Donny menjelaskan, alasan tak dikeluarkannya STTP tersebut karena tugas polisi menjaga Banyuwangi tetap kondusif dan damai. Pihaknya tak ingin ada perpecahan antar-warga, termasuk menjaga stabilitas investasi di Banyuwangi.

Baca: Bawa Pedang dan Sebar Fitnah, Polisi Tangkap Deklarator #2019GantiPresiden Kalbar

“Alasan kami ini sudah sesuai dengan PP nomor 60 tahun 2017 pasal 5. Kami tak main-main jika aksi tersebut tetap dilaksanakan. Saya ndak ada urusan. Jika tetap nekat ya tak tabrak mereka itu,” pungkasnya.

Sebelumnya, panitia Deklarasi #2019GantiPresiden mengaku akan mengajukan gugatan tersebut ke PN Banyuwangi pada Senin (3/9/2018).

Baca: #2019GantiPresiden, Hasil Kolaborasi PKS dan Pendukung Teroris Al Qaeda ‘Abu Jibril’

“Senin kita ajukan ke PN Banyuwangi. Karena sampai saat ini kami belum menerima STTP aksi kami. Yang kami gugat Kapolres Banyuwangi, Kapolda Jatim dan Kapolri,” kata panitia Deklarasi 2019GantiPresiden, Amrullah, Minggu (2/9/2018).

“Ini serempak se-Indonesia menolak kami melakukan deklarasi. Kami ini bukan pro Jokowi dan Prabowo. Ini nonparpol kegiatan kami ini,” lanjutnya. (SFA/JurnalPolitik)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: