Fokus

Diduga Terpapar Ideologi Radikal, Seorang Polisi Jambi Ditangkap

Kapolri Jenderal Tito Karnavian

JAKARTA – Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengungkapkan bahwa ada anggota dari kepolisian di Jambi yang ditangkap karena diduga terpapar ideologi radikalisme. Anggota tersebut masih diperiksa.

Baca: Mantan Kepala BNPT Ungkap Kaitan HTI dan Radikalisme

“Bukan, bukan terorisme. Tapi dia diduga mulai agak terkena ideologi teroris. Tapi sekarang lagi di-assessment dulu, apakah dia ini bagian dari jaringan atau sekedar simpatisan atau sekedar main-main,” ujar Tito di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Rabu (30/5/2018).

Informasi yang dihimpun Tribun, oknum yang diamankan itu berinisial Bripka NL, yang bertugas di sebuah kepolisian sektor (Polsek) dalam naungan Polresta Jambi. “Dia memang tugas di Jambi, tugasnya di polsek, bukan Polresta,” ungkap seorang sumber Tribun di kepolisian.

Bripka NL diamankan pada Senin 28 Mei 2018 sekitar pukul 12.00 oleh Propam. Propam pun membawanya saat sedang bertugas di Polsek tersebut, dan langsung dibawa ke Mapolda Jambi.

Tito belum merinci waktu penangkapan dan dinas anggota polisi tersebut di Jambi. Tindakan tegas menanti jika anggota polisi tersebut melanggar.

Baca: Eko Kuntadhi: Pakde Jokowi Saatnya Bersih-bersih Benalu dan Parasit NKRI

“Saya akan ambil tindakan yang sangat tegas kalau nanti misalnya dia ada unsur pidananya, saya akan pidanakan. Tapi kalau melanggar kode etik, kita akan kenakan kode etik,” kata Tito.

Saat ini, anggota polisi tersebut diperiksa di Propam. “Tapi yang jelas sekarang ini, saya perintahkan Propam untuk periksa dan kalau ada pelanggaran, apa pun pelanggarannya dikenakan sanksi,” ujar Tito.

Baca: 5 Step Kelompok Radikal dan HTI Hancurkan Sebuah Negara

Tito mengatakan paham radikalisme bisa terpapar ke siapapun, termasuk anggota polisi. Untuk mencegahnya, polisi akan memperkuat kurikulum dan doktrin kepolisian.

“Jadi kita lakukan assessment, yang jelas kita akan memperkuat kurikulum kita, doktrin kepolisian kita juga kita akan perkuat,” pungkas Tito. (SFA)

Sumber: Berbagai Media

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: