Amerika

Di Sidang PBB, Menlu Suriah Usir Seluruh Pasukan Asing Tak Diundang

Pasukan AS di Suriah
pasukan AS

NEW YORK – Selama sesi sidang umum PBB pada hari Sabtu, Menteri Luar Negeri Suriah Walid Muallem mengatakan kepada hadirin bahwa semua pasukan asing yang tidak diundang harus segera meninggalkan Suriah, seperti dilansir Almasdarnews (29/09).

Baca: Lavrov ke Bolton: Semua Pasukan Asing yang Tak Diundang Harus Hengkang dari Suriah

“Semua pasukan asing yang tidak diundang oleh pemerintah yang sah harus mundur tanpa prasyarat,” kata Muallem.

Menteri Luar Negeri Suriah kemudian mengalihkan perhatiannya ke Koalisi AS, yang ia kritik selama beberapa menit.

“Koalisi pimpinan AS telah menghancurkan total kota Raqqa. Menghancurkan infrastruktur dan layanan publik di wilayah itu. Melakukan pembantaian terhadap warga sipil, termasuk anak-anak dan perempuan, yang merupakan kejahatan perang menurut hukum internasional. Koalisi juga memberikan dukungan militer langsung kepada teroris, dalam berbagai kesempatan, saat mereka bertempur melawan tentara Suriah,” lanjutnya.

Baca: Iran di PBB: Amerika Harus Angkat Kaki dari Suriah

“Seharusnya lebih tepat disebut ‘Koalisi Pendukung Teroris dan Kejahatan Perang’,” ujar Muallem dan menyatakan bahwa Rusia, sebagai contoh kerjasama internasional yang sah.

Muallem kemudian mengalihkan perhatiannya ke Turki, yang katanya telah melatih dan mempersenjatai para militan sejak awal konflik.

Baca: Rusia: Amerika Biang Kerok di Kawasan, Bukan Iran

“Sejak hari pertama perang di Suriah, rezim Turki telah melatih dan mempersenjatai teroris, mengubah Turki menjadi pusat dan koridor bagi teroris dalam perjalanan mereka ke Suriah,” katanya. Muallem mengakhiri pidatonya dengan menuduh Barat berusaha menghalangi kembalinya pengungsi ke Suriah. (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: