Headline News

Detik-detik Referendum Kemerdekaan Kurdi, Parlemen Irak Gaduh

Sabtu, 16 September 2017 – 06.33 Wib,

SALAFYNEWS.COM, BAGHDAD – Anggota Parlemen Irak memilih untuk memberhentikan gubernur provinsi Kirkuk Najmiddin Karim, dalam sebuah sesi pertemuan di Baghdad, Kamis (14/09/2017), sebelas hari sebelum referendum kemerdekaan Kurdi berlangsung. Karim telah menyatakan bahwa dia tidak memiliki rencana untuk mundur dan “referendum akan berjalan sesuai rencana.”

Baca: Barzani Umumkan Persiapan Referendum Kemerdekaan Kurdi dari Irak

Gubernur telah menyatakan dukungannya pada referendum tersebut, dan mendukung masuknya provinsi Kirkuk ke dalam pemungutan suara independen, yang akan diadakan pada 25 September.

Namun, Parlemen Irak telah menolak rencana referendum kemerdekaan dan telah memberi wewenang berupa resolusi yang memungkinkan Perdana Menteri Irak Haider al-Abadi untuk mengambil tindakan guna mempertahankan perbatasan negara tersebut.

Baca: Zionis Israel Dibalik Skenario Pendirian Negara Kurdi

Komisi hukum Irak menyatakan bahwa mereka mengizinkan dewan perwakilan untuk mencopot gubernur tersebut oleh mayoritas anggotanya, berdasarkan usul Perdana Menteri Irak.

Provinsi Kirkuk adalah bagian kaya minyak Irak yang etnisnya beragam, sementara orang-orang Irak Arab masih mayoritas, sebagian penduduknya adalah etnis Kurdi. (SFA)

Sumber: Al-MasdarNews

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: