Internasional

Detik-detik Pembebasan Pantai Kiri Mosul Irak

Kamis, 19 Januari 2017 – 16.45 Wib,

SALAFYNEWS.COM, MOSUL – Pemimpin operasi gabungan, Letnan Jenderal Talib Shaghati pada hari rabu (18/01) mengungkapkan tentang penguasaan lebih dari 90% terhadap pantai kiri kota Mosul, sementara itu ia juga mengungkapkan bahwa organisasi teroris ISIS telah menggunakan 300 bom mobil selama pertempuran.

Shaghati mengatakan dalam konferensi pers bersama sejumlah pemimpin keamanan yang dikutip Almaalomah (18/01) bahwa “pasukan anti terorisme berhasil menguasai lebih dari 90% wilayah pantai kiri dari kota Mosul secara dramatis dan tidak pernah terjadi sebelumnya”.

Shaghati menambahkan bahwa “ISIS telah menggunakan 300 bom mobil selama pertempuran yang berhasil diatasi oleh pasukan kami”. Ia menegaskan bahwa “pasukan keamanan Irak berhasil menjaga dan melindungi hak-hak warga sipil selama peperangan”.

Komandan Pasukan Anti Terorisme, Letnan Jenderal Abdul Ghani al-Asadi mengatakan dalam sebuah pernyataan yang dikutip al-Maalomah pada hari rabu (18/01) bahwa “pasukan keamanan Irak telah membebaskan lebih dari 90% dari wilayah pantai kiri Mosul”. Ia menjelaskan bahwa wilayah yang terisa pun juga akan dibebaskan dari ISIS.

Sementara itu, Komandan Angkatan Bersenjata, Haider Abadi pada hari rabu (18/01) mengumumkan tentang dekatnya waktu pembebasan pantai kiri Mosul ini, ia juga mengatakan bahwa pertempuran masih terus berlangsung untuk membebaskan dua wilayah terakhir dan memuji kerjasama kemanusiaan oleh para pejuang Irak dengan warga sipil.

PM Irak

Al-Abadi mengatakan dalam sebuah pernyataan yang dikutip al-Maalomah bahwa “pembebasan terakhir dan kemenangan penuh di Mosul waktunya telah dekat dan kerja keras para pejuang Irak yang pemberani untuk menyelesaikan rencana dasar dalam membersihkan sisi kiri di berbagai wilayah dan pembebasan pusat kota Mosul akan membuahkan hasil sempurna”. Ia juga menegaskan bahwa “operasi pembebasan masih berlangsung hingga saat ini untuk membersihkan wilayah yang tersisa yang terdiri dari wilayah hutan dan istana dan beberapa wilayah lainnya di daerah utara, dan operasi pembebasan dengan kekuatan dan tekad yang besar juga masih berlangsung untuk membebaskan seluruh sisi kanan Mosul”.

Ia juga mengatakan, “para pejuang dan pasukan Irak telah mencontohkan gambar terbaik dari jiwa kepahlawanan, pengorbanan, dan kerjasama kemanusiaan dengan warga sipil yang telah mewujudkan kemenangan yang begitu mengesankan dalam beberapa hari terakhir, di mana banyak wilayah, desa dan daerah-daerah telah berhasil dibebaskan dari anggota ISIS yang jumlahnya begitu banyak, dan pasukan Irak akan melanjutkan perjuangan untuk terus maju melaksanakan seluruh rencana militer untuk membebaskan kota Mosul sepenuhnya dengan bantuan Allah SWT, dengan keberanian dan pengorbanan para pejuang dan pasukan Irak yang gagah berani”. (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: