Headline News

Depkeu Amerika Blokir Sumbangan Dana untuk Korban Gempa Iran

Jum’at, 17 November 2017 – 07.12 Wib,

SALAFYNEWS.COM, TEHERAN – Departemen Keuangan AS telah memblokir sumbangan online yang dilakukan oleh ekspatriat Iran untuk membantu korban gempa yang menyebabkan kerusakan parah dan hilangnya nyawa di Iran barat.

Baca: Gempa 7,3 SR Guncang Perbatasan Irak-Iran

Tohid Najafi, seorang dokter ahli yang berbasis di Detroit, AS, mengatakan kepadaTV Al Jazeera, bahwa Departemen Keuangan AS memblokir halaman Facebook yang telah dia gunakan sejak hari Senin, untuk mengumpulkan bantuan bagi keluarga korban dan korban gempa berkekuatan 7.3, yang telah mengguncang Iran barat sehari sebelumnya.

Menurut data resmi terbaru, sekitar 432 orang tewas dan sekitar 9.388 lainnya menderita luka. Sekitar 12.000 rumah juga hancur total dalam insiden tersebut.

Baca: 100 Orang Tewas dan Ribuan Terluka Akibat Gempa Dahsyat di Perbatasan Irak-Iran

Najafi telah merencanakan akan mengumpulkan $ 110.000 selama bulan depan, dengan harapan bahwa di hari pertama dia akan berhasil mengumpulkan hingga $ 15.000.

Pada pagi hari berikutnya, dia melihat bahwa donor online telah membantu lebih dari $ 80.000. Dan jumlah itu terus melampaui target yang diinginkan hingga $ 200.000 pada hari Rabu.

“Saya sangat terkejut,” kata Najafi, mengatakan bahwa dia memiliki keraguan untuk mencapai tujuannya tepat waktu.

Pada hari pertama penggalangan dana, Najafi menerima sebuah pesan dari Facebook, memberitahukan kepadanya bahwa dana tersebut “tidak akan dilepaskan,” sampai dia mengirimkan ke situs media sosial yang diperlukan oleh otorisasi dari Departemen Keuangan AS.

Baca: Inilah Rahasia Kenapa Amerika Takut Sama Iran

Setelah inisiatif Najafi, jurnalis Iran-Amerika yang berbasis di New York, Tara Kangarlou, memulai kampanye penggalangan dana pribadi secara terpisah untuk membantu para korban gempa.

Dalam 30 menit pertama, donor online telah menghasilkan $ 2.000 di situs penggalangan dana YouCaring.

Namun, YouCaring membatalkan halaman Kangarlou, dan mengatakan dalam sebuah pesan bahwa penggalangan dana telah dihapus “karena negara yang Anda berikan merupakan bagian dari wilayah yang diembargo.”

“Departemen Keuangan Amerika Serikat tidak mengizinkan platform kami untuk mencairkan dana secara langsung ke Iran, atau dialihkan ke negara bagian atau orang yang saat ini berada di wilayah yang diembargo,” membaca isi surat tersebut.

Baca: Kerry; Amerika Akan Bayar Hutang 400 Juta Dolar ke Iran Berikut Bunganya 1,3 Milyar Dolar

Situs web tersebut juga mengatakan kepada Kangarlou, mitra transfer uang pihak ketiga, WePay, tidak berwenang melakukan bisnis dengan Iran. “Begitu mereka melihat nama Iran, dan itu untuk gempa, mereka ketakutan,” kata Kangarlou. “YouCaring tidak peduli, juga selain WePay,” katanya. “Sayang sekali”. Amerika telah memberlakukan sanksi ekonomi secara luas terhadap Iran selama beberapa dekade terakhir. (SFA)

Sumber: PTV

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: