Headline News

Densus 88 dan Imigrasi Amankan 17 WNI Diduga Simpatisan ISIS

Minggu, 22 Januari 2017 – 20.25 Wib,

SALAFYNEWS.COM, JAKARTA – Petugas imigrasi dan Densus 88 telah mengamankan 17 WNI yang diduga berafiliasi dengan kelompok jaringan teror ISIS, Sabtu (21/1).

Penangkapan dilakukan di Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng, setelah pihak Densus 88 dan kantor imigrasi melakukan pemantauan terhadap mereka. (Baca: KH Aqil Siradj: ISIS Masuk Indonesia Secara Masif 2017 : Video)

“Ya, 17 WNI. Kemarin, sebelum mereka tiba, kami sudah mendapat info, lalu berkoordinasi. Mereka masuk secara normal. Setelah mendarat, kami amankan,” kata Kepala Bagian Humas dan Umum Direktorat Jenderal Imigrasi Agung Sampurno kepada CNNIndonesia, Minggu (22/1).

“Jadi pergerakan mereka sudah dipantau terlebih dulu oleh Densus 88. Ini hasil operasi intelijen,” ujarnya.

Ke-17 WNI itu tiba di bandara pukul 18.10 WIB dengan menggunakan penerbangan Turkish Airline TK 056. Saat ini, mereka sedang menjalani proses pemeriksaan oleh Densus 88.

Agung mengaku belum mengetahui bukti-bukti keterkaitan mereka dengan ISIS.

“Ini baru sebatas dugaan karena dari hasil pemantauan, jalur penerbangan mereka dari sana (Suriah),” kata Agung.

Ke-17 WNI yang diamankan antara lain FW, S, M, SMA, APA, IOM, UAS, RRZ. Mereka berasal dari berbagai daerah di Indonesia seperti Makassar, Pandeglang, Malang, dan Padang.

Agung juga tak menutup kemungkinan belasan WNI itu dibebaskan. Sebab, kata dia, hal serupa pernah terjadi terhadap 8 WNI di Batam yang sempat diamankan karena diduga terkait jaringan teror.

“Saat itu mereka (8 WNI) diamankan karena dideportasi oleh pemerintah Singapura. Tetapi setelah diselidiki, mereka hanya rombongan santri dari Sumatera yang ingin berobat,” katanya. (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: