Headline News

Demo Puluhan Ribu Warga Israel Kecam Korupsi Pemerintahan Netanyahu

Minggu, 03 Desember 2017 – 15.11 Wib,

SALAFYNEWS.COM, ISRAEL – Sekitar 20.000 warga Israel dilaporkan tengah melakukan demonstrasi di Tel Aviv pada hari Sabtu (02/12) untuk menentang korupsi pemerintah dan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu yang tengah berada dalam penyelidikan kriminal karena tuduhan telah mengambil keuntungan dari jabatannya.

Baca: Bergaya Hidup Mewah dan Glamour, Istri Netanyahu Diduga Korupsi

Menurut Reuters, demonstrasi ini merupakan demonstrasi terbesar dalam serangkaian demonstrasi mingguan melawan korupsi yang dipicu oleh tuduhan korupsi yang dilakukan Netanyahu, namun Netanyahu membantah melakukan pelanggaran tersebut.

Seorang fotografer Reuter dan media Israel memperkirakan jumlah demonstran tersebut sekitar 20.000 orang, namun pihak kepolisian tidak memberikan pernyataan resmi mengenai jumlah demonstran.

Netanyahu yang menjabat sebagai Perdana Menteri Israel diduga terlibat dalam empat kasus. Kasus pertama yakni terkait dengan penerimaan hadiah dari beberapa pengusaha kaya, sementara kasus kedua yakni terkait dengan negoisasi kesepakatan dengan penerbit surat kabar untuk mendapatkan cakupan lebih baik dengan imbalan pembatasan kepada surat kabar harian lain yang tengah bersaing.

Baca: Netanyahu Tersandung Kasus Korupsi

Adapun aksi demonstrasi pada hari Sabtu (02/12) ini disebut-sebut tengah memicu dikeluarkannya RUU yang diperkirakan akan disahkan oleh Knesset minggu ini yang akan melarang pihak kepolisian untuk mempublikasikan hasil temuannya dalam dua penyelidikan yang melibatkan Netanyahu.

Seorang kritikus mengatakan bahwa RUU tersebut adalah upaya kasar untuk melindungi Netanyahu dan mencegah orang-orang untuk mengetahui kebenaran tentang penyelidikan tersebut. namun, para pendukung Netanyahu mengklaim bahwa RUU tersebut bertujuan untuk melindungi hak-hak tersangka. (SFA)

Sumber: SputnikNews

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: