Afrika

Demo Akbar Warga Tunisia di Seluruh Negeri Peringati 7 Tahun Arab Spring

Senin, 15 Januari 2018 – 06.44 Wib,

SALAFYNEWS.COM, TUNISIA – Demonstrasi terus berlanjut sepanjang minggu di negara Afrika Utara, Tunisia, negara Arab pertama yang melihat presidennya digulingkan sebagai hasil demonstrasi tahun 2011, menandai dimulainya serangkaian pemberontakan rakyat yang kemudian menyapu Timur Tengah.

Baca: Presiden Tunisia: Iran Satu-satunya Harapan Melawan Zionis Israel

Ratusan orang turun ke jalan-jalan di ibu kota Tunisia pada hari Minggu yang menandai peringatan tujuh tahun dimulainya Musim Semi Arab. Para demonstran bergerak untuk memprotes kemiskinan dan pengangguran. Mereka dilaporkan meneriakkan “Work, Freedom, Dignity”, slogan serupa yang didengar di seluruh negeri pada saat Presiden Zine El Abidine Ben Ali digulingkan.

Reli tersebut berlangsung damai saat pihak berwenang berusaha memperketat langkah keamanan menjelang unjuk rasa tersebut, menurut AFP. Para pemrotes dilaporkan menanggapi seruan koalisi kelompok aktivis untuk melakukan demonstrasi menentang langkah-langkah penghematan yang telah diambil oleh pemerintah untuk mengurangi defisit anggaran.

Baca: Pemerintah Tunisia Meminta Maaf kepada Assad Atas Sikap Salah Politiknya

Warga Tunisia telah melakukan demonstrasi di seluruh negeri sepanjang minggu lalu sebagai tanggapan atas langkah pemerintah untuk menaikkan pajak dan kontribusi jaminan sosial. Sejauh ini, 800 orang telah ditangkap.

Baca: Demo Warga Tunisia Tolak Kembalinya “Jihadis” Pulang Kampung

Tanggal 14 Januari dianggap sebagai tanggal resmi dimulainya pemberontakan di Tunisia, terlepas dari kenyataan bahwa kerusuhan telah dimulai di negara tersebut sebelumnya. Pada tanggal 17 Desember 2010, pedagang Tunisia Mohamed Bouazizi, membakar dirinya sendiri di kota Ben Arous, hingga menyebabkan kejadian yang kemudian disebut “Revolusi Jasmine”. Sejak revolusi, Tunisia berada dalam situasi politik dan ekonomi yang penuh gejolak. (SFA)

Sumber: SputnikNews

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: