Fokus

Damaskus: Negara arab sumbang miliaran dolar untuk pemberontak Suriah

Perang Syria
Fakta perang Suriah

SURIAH – Wakil Menteri Luar Negeri (Wamenlu) Suriah, Faisal Mekdad menyatakan, sejumlah negara Arab telah mengalokasikan uang USD 137 miliar bantuan kepada kelompok pemberontak dalam upaya untuk menghancurkan Suriah.

Fakta Perang Suriah

Fakta Perang Suriah

Baca: Hashd al-Shaabi: ISIS Didanai Arab Saudi dan Negara Teluk

“Negara-negara Arab yang dikenal telah memberikan bantuan sebesar USD 137 miliar kepada kelompok-kelompok bersenjata ilegal untuk menghancurkan Suriah,” kata Mekdad dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Sputnik pada Senin (13/8).

Dia kemudian menyatakan, pemerintah Suriah telah berhasil melawan musuh-musuhnya, karena semangat dan keberanian rakyat dan pemerintah Suriah, serta adanya dukungan dari Rusia.

“Sekarang kami harus menghidupkan kembali ekonomi negara, karena ini adalah faktor kunci yang akan memungkinkan warga Suriah untuk kembali ke tanah air mereka,” sambungnya.

Baca: Ben Rhodes: Teroris Al-Qaeda Didanai Khusus Oleh Kerajaan Arab Saudi

Konflik bersenjata di Suriah mulai pecah pada tahun 2011, dengan Damaskus melawan pasukan oposisi dan sejumlah kelompok teroris yang telah berusaha untuk menguasai negara tersebut.

Rusia campur tangan dalam konflik pada tahun 2015 atas permintaan Presiden Suriah Bashar Assad. Moskow awalnya memberikan dukungan militer dan saat ini menjadi penjamin gencatan senjata dan membantu Damaskus dalam menangani repatriasi pengungsi.

Baca: Zuhairi Misrawi: Dua Wajah Ganda Arab Saudi

Menurut Kementerian Pertahanan Rusia, sebanyak 1,7 juta warga Suriah yang telah melarikan diri dari perang saudara dan saat ini berada di luar negeri sedang menunggu untuk kembali ke Suriah. (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: