Headline News

Bursa Saham Saudi Anjlok Akibat Kinerja Buruk dari Pasar Teluk

Senin, 10 Oktober 2016,

SALAFYNEWS.COM, RIYADH – Bursa saham Arab Saudi anjlok pada hari Minggu (10/10), setelah di bawah tekanan penurunan saham perbankan. Sementara, sebagian besar pasar saham negara-negara Teluk Persia mencatat kinerja yang lemah, karena investor menunggu hasil keuangan perusahaan untuk kuartal ketiga tahun ini. Sementara, Bursa Efek Mesir melonjak setelah berita positif pinjaman IMF ke Mesir. (Baca: “Dekrit” Kebangkrutan Saudi)

Penurunan indeks utama pasar saham Arab Saudi mencapai penurunan 2,2%, dan pada indeks sektor perbankan 4,5%. Sementara itu, indeks saham Banque Saudi Fransi melemah 10% pada pembukaan perdagangan kemarin.

Pasar saham Arab Saudi tengah terpukul dalam beberapa pekan terakhir, karena adanya kekhawatiran akan penurunan pada sektor kontruksi, disamping keputusan bank sentral terhadap bank-bank swasta serta keputusan pemerintah yang memotong bonus dan tunjangan karyawan. (Baca: Nilai Ekspor Saudi ke Negara Teluk Turun Drastis Hingga 27 %)

Surat kabar Okaz mengutip sumber tanpa menyebutkan nama, melaporkan bahwa bank sentral Saudi mengatakan bahwa pemerintah akan menunda pembayaran selama satu bulan sebagai bagian dari restrukturisasi dari kebijakan baru yang dijalankan, bahwa bank wajib memikul lebih banyak beban yang disebabkan oleh rencana penghematan yang diberlakukan kerajaan akibat penurunan harga minyak. (Baca: BANGKRUT! Saudi Naikkan Biaya Visa Menjadi 27 Juta)

Selain itu, perusahaan telokomunikasi Arab Saudi “Zein” juga mengalami penurunan hingga 5,4%. Indeks saham Dubai turun 0,2%. Sementara, saham Da.aks.ba.aa Antertanmente, yang diharapkan akan membuka beberapa taman hiburan pada akhir bulan ini juga turun 1,3%. (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

SalafyNews Media Islam Terpercaya, Dan Anti HOAX

Media yang Menjelaskan Tentang Cinta Tanah Air dan Bangsa

Gabung di FP FB Salafy News

Copyright © SALAFY NEWS 2015

To Top
%d bloggers like this: