Nasional

Bu Susi Perbolehkan Kembali Nelayan Gunakan Cantrang

Kamis, 18 Januari 2018 – 08.55 Wib,

SALAFYNEWS.COM, JAKARTA – Akhirnya Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, mengizinkan kembali nelayan memakai cantrang. Kebijakan bu Susi ini disambut gembira para pendemo di depan Istana Merdeka, Jakarta, yang menolak larangan penggunaan alat tangkap ikan itu.

Baca: Menteri Susi: Kali Ini Negara Menang Lawan Mafia Ilegal Fishing

Contohnya Trio, nelayan dari Rembang, Jawa Tengah, yang mengaku lega bisa bekerja lagi setelah sebulan nganggur tidak melaut. Alhasil, Trio terpaksa memenuhi kebutuhan keluarga dengan berutang.

Setelah Susi mengizinkan lagi penggunaan cantrang, Trio akan kembali mengurus surat izin melaut.

“Semoga ini seterusnya, senang ya. Kalaupun ternyata tidak (diizinkan lagi) pasti akan demo lagi. Kerja apa kalau cantrang enggak ada,” kata Trio kepada detikFinance, Rabu (17/1/2018).

Baca: Inilah Jurus “Maut” Sri Mulyani di KTT G20 Hamburg, Jerman

Selain Trio, Fuad, nelayan asal Brebes, mengaku senang dengan kebijakan Menteri Susi. Dia menjelaskan, setuju dengan persyaratan yang diberikan dan akan memulai proses surat izin untuk melaut.

“Semoga ini seterusnya ini bisa, seneng ya. Kalaupun ternyata tidak (diizinkan lagi) pasti akan demo lagi. Kerja apa kalau cantrang enggak ada,” papar dia.

Baca: Kongkow Jokowi dan Nelayan di Warkop, Cari Solusi Cantrang

Sebagai informasi, sebelumnya Susi memberi toleransi penggunaan cantrang hingga akhir Desember 2017, dan mulai Januari 2018 hingga seterusnya cantrang tidak boleh dipakai lagi.

Berjalan beriringan dengan kebijakan itu, Susi juga membagi-bagi alat tangkap ramah lingkungan kepada para nelayan dan bantuan kapal perikanan. (SFA)

Sumber: Detik Finance

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: