Headline News

BIADAB! Akibat blokade Saudi, 32 penerbangan bantuan kemanusiaan ke Yaman batal

Kamis, 23 November 2017 – 06.23 Wib,

SALAFYNEWS.COM, YAMAN – Kantor PBB untuk Koordinasi Urusan Kemanusiaan di ibukota Yaman, Sana’a, mengatakan bahwa total ada 32 penerbangan ke Yaman yang telah dibatalkan oleh rezim Saudi, memerintahkan pengetatan blokade sejak 4 November lalu.

Baca: Perang ‘Bodoh’ Saudi di Yaman

Ahmed Ben Lassoued, seorang pejabat media di kantor PBB, mengatakan pada hari Rabu bahwa 220 staf menunggu untuk dapat memasuki Yaman dari Djibouti dan Amman. Sementara 330 lainnya siap berangkat dari Sana’a dan pos-pos  tugas lainnya di Yaman utara.

“Blokade yang diberlakukan atas penerbangan kemanusiaan sangat menghambat operasi kemanusiaan, yang menghambat pemberian bantuan yang sangat dibutuhkan kepada jutaan orang yang mengandalkannya untuk kelangsungan hidup mereka,” kata Ben Lassoued.

Pada hari Rabu, Komite Penyelamatan Internasional juga menyerukan penghentian segera blokade tersebut, dengan mengatakan bahwa hal tersebut menciptakan “kesengsaraan bagi jutaan orang Yaman”.

Baca: Pangeran Saudi Bongkar Rahasia Soal Perang Yaman

Organisasi kemanusiaan yang berbasis di New York tersebut, mengatakan bahwa pengepungan Saudi diperkuat sejak awal bulan ini untuk menekan gerakan Houthi Ansarullah, adalah “hukuman kolektif” terhadap orang-orang Yaman.

Kelompok bantuan mengatakan aib bagi masyarakat internasional tetap diam dalam menghadapi blokade yang mematikan seperti itu, bahkan “membiarkan” Saudi membatasi akses ke Yaman untuk bantuan kemanusiaan.

Baca: Diamnya dunia sebabkan Saudi semakin merajalela habisi warga sipil Yaman

Lebih dari 12.000 orang, kebanyakan dari mereka warga sipil, tewas dalam dua tahun kampanye militer pimpinan Saudi di Yaman. Lebih dari tiga juta orang juga telah mengungsi akibat serangan udara yang menghancurkan. (SFA)

Sumber: PTV

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: