Fokus

BI Akan Musnahkan Uang Berstempel #GantiPresiden2019 dan Prabowo

Uang Rupiah Berstempel #GantiPresiden2019

JAKARTA – Beredarnya uang berstempel #GantiPresiden2019 dan Prabowo Subianto. Pihak Bank Indonesia (BI) akan menghancurkan uang rupiah berstempel yang marak beredar di masyarakat. BI menegaskan tidak pernah mengedarkan uang tersebut.”BI tidak pernah mengeluarkan uang rupiah yang berstempel ganti presiden 2019 dan Prabowo Subianto,” kata Deputi Direktur Kantor Perwakilan BI Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Buwono Budi Santoso di Manado, Jum’at (22/6) seperti dikutip Antara.

Baca: Yusuf Muhammad: ‘Jurus Mabuk’ Prabowo

Buwono mengatakan jika sampai mendapati fisik uang tersebut pihaknya siap untuk memusnahkannya.

“Sesuai info sudah beredar uang dengan stempel ganti presiden 2019 dan Prabowo Subianto. Untuk dipahami bahwa BI mengklasifikasikan uang seperti itu adalah uang yang tidak layak edar, artinya uang berstempel itu apabila disetorkan ke BI akan dimusnahkan sesuai dengan clean money policy BI,” tegas Buwono.

Sejauh ini, khususnya di Sulut, Buwono mengatakan belum menemukan uang fisik seperti itu. “Kami belum dapat uangnya sehingga belum dapat mengklarifikasi uang asli atau bukan,” katanya.

Baca: Kelakar Politik Denny Siregar Terkait Video Prabowo ‘Indonesia Bubar 2030’

Buwono menjelaskan uang yang diberi cap dengan tulisan Prabowo Subianto, secara otomatis tidak bisa digunakan untuk transaksi atau dengan kata lain tidak layak edar.

“Apabila uang tersebut masuk BI, akan masuk dalam kelompok uang yang akan dimusnahkan, karena kotor dan ada tinta yang tidak seharusnya,” kata Buwono.

Baca: Kivlan Zein Sebut Uang Gatot Nurmantyo Lebih Banyak daripada Uang Prabowo

Buwono mengingatkan masyarakat untuk lebih peduli. Dan apabila ada yang memegang uang tersebut tak segan-segan untuk menyerahkan uang tersebut langsung ke BI.

Sebelumnya, masyarakat dihebohkan lembaran berbentuk uang kertas pecahan Rp 50 ribu yang ada tulisan “Prabowo: Satria Piningit, Heru Cakra Ratu Adil”. (SFA/Merdeka)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: