Amerika

Bernie Sanders: Amerika Terlibat Pendudukan Israel di Tepi Barat

Kamis, 12 Oktober 2017 – 16.41 Wib,

SALAFYNEWS.COM, AMERIKA – Senator AS dan mantan kandidat presiden Bernie Sanders mengatakan bahwa “AS terlibat” dalam pendudukan Israel di Tepi Barat, namun juga menambahkan bahwa Israel bukanlah “satu-satunya pihak yang bersalah”, dalam sebuah wawancara dengan Intercept bulan lalu.

Baca: Amerika Resmikan Pangkalan Militer Pertamanya di Israel

Sanders, yang telah dikritik oleh aktivis pro-Palestina karena menolak isu Israel, membuka kebijakan luar negeri AS di wilayah tersebut, yang menyatakan bahwa pemerintahan Trump memiliki tanggung jawab untuk menangani konflik tersebut, “Dalam hal hubungan Israel-Palestina, Amerika Serikat harus memainkan peran yang jauh lebih baik. Jelas bukan demikian kenyataannya sekarang”.

Dia juga menyatakan dukungannya untuk mengurangi bantuan tahunan senilai $ 3 miliar yang diberikan kepada Israel, namun menekankan bahwa penggunaan dana inilah yang menjadi elemen penting dalam mendorong hubungan.

“Pendanaan AS memainkan peran yang sangat penting, dan saya ingin melihat orang-orang di Timur Tengah duduk bersama pemerintah Amerika Serikat dan mencari tahu bagaimana bantuan AS dapat membawa orang bersama-sama.. Jadi saya pikir ada potensi luar biasa untuk Amerika Serikat dalam membantu rakyat Palestina membangun kembali Gaza dan daerah lainnya”.

Baca: Kepala Staf AD Amerika Kunjungi Israel Bahas Kerjasama Militer

Ini bukan pertama kalinya Sanders menyatakan wacananya tentang warga Palestina yang tinggal di bawah pendudukan. Pada bulan Februari, senator tersebut berbicara di sebuah konferensi yang diselenggarakan oleh J Street, sebuah kelompok advokasi yang bertujuan untuk membahas kepentingan Israel-AS dan solusi dua negara, dan menyerukan diakhirinya pendudukan 50 tahun di Tepi Barat.

Selama debat calon presiden Demokrat pada tahun 2016 tersebut juga mempertanyakan dukungan AS terhadap Perdana Menteri Benjamin Netanyahu, dan mengatakan kepada senator Hillary Clinton bahwa: “Ada saatnya … kita harus mengatakan bahwa Netanyahu tidak benar setiap saat”.

Baca: Houthi: Amerika, Israel Tuan, Saudi dan Teroris Adalah Budak Kejahatan

Banyak tokoh senior dalam pemerintahan Trump mempertahankan sikap Zionis yang kuat terhadap konflik Israel-Palestina. Penasihat senior dan menantu presiden, Jared Kushner, adalah teman keluarga Benjamin Netanyahu, dan Duta Besar AS untuk Israel David Friedman, yang putrinya pindah secara permanen ke Yerusalem bulan lalu, telah lama menentang sebuah negara Palestina. Mantan Kepala Strategi AS Steve Bannon juga melobi agar pejabat mengadopsi sikap yang lebih keras terhadap Otoritas Palestina dan agar kedutaan AS dipindahkan ke Yerusalem. (SFA)

Sumber: SOTT

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: