Headline News

BBC Bongkar Kesepakatan Busuk Koalisi AS dan ISIS di Raqqa Suriah

Selasa, 14 November 2017 – 06.48 Wib,

SALAFYNEWS.COM, RAQQA – Laporan BBC yang membocorkan rincian, Senin (13/11/2017), tentang kesepakatan rahasia yang meminta kelompok teroris ISIS menyerahkan kota Raqqa ke Pasukan Demokratik Suriah (SDF) yang didukung AS pada awal Oktober.

Baca: Jenderal Suriah: Amerika Pasok Senjata kepada Teroris ISIS dan Jabhat Al-Nusra

“BBC telah menemukan rincian kesepakatan rahasia yang memungkinkan ratusan teroris ISIS dan keluarga mereka melarikan diri dari Raqqa, di bawah perlindungan koalisi pimpinan AS dan pimpinan Inggris serta pasukan Kurdi yang mengendalikan kota tersebut,” bunyi laporan tersebut.

“Kesepakatan membiarkan teroris ISIS untuk melarikan diri dari ibukota Raqqa telah diatur oleh pejabat setempat. Itu terjadi setelah empat bulan pertempuran yang membuat kota itu hancur dan hampir tanpa manusia. Ini akan menyelamatkan nyawa dan mengakhiri pertempuran. Kehidupan orang-orang Arab, Kurdi dan pejuang lainnya yang melawan ISIS akan terhindar,” lanjut BBC.

Baca: Jenderal Suriah Bongkar Kebusukan Amerika yang Jelas Dukung ISIS

Menurut laporan tersebut, sekitar 250 teroris ISIS diizinkan meninggalkan kota, bersama dengan 3.500 anggota keluarga mereka yang terjebak dalam Raqqa.

“Kami tidak ingin ada yang pergi,” kata Col Ryan Dillon, juru bicara Operasi Inherent Resolve, koalisi Barat melawan ISIS, seperti dikutip BBC.

Baca: Rusia ‘Tampar’ Wajah Barat dan Amerika Terkait Teroris ISIS di Suriah

“Tapi ini masuk ke inti strategi kami, dan melalui’ pemimpin lokal di lapangan. Mereka adalah orang-orang yang berjuang dan sekarat, mereka bisa membuat keputusan mengenai operasi,” tambahnya. Teroris ISIS dilaporkan melarikan diri ke banyak daerah, termasuk Turki dan provinsi Deir Ezzor. (SFA)

Sumber: Al Masdar News

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: