Eropa

BBC: 2 Ribu Warga Prancis Gabung ISIS di Suriah dan Irak

Daesh
Daesh

LONDON – Sebuah laporan dari BBC Inggris pada hari Minggu (05/08/2018) mengungkapkan bahwa setidaknya 2.000 warga negara Prancis telah bergabung dengan organisasi teroris ISIS di Irak dan Suriah, media itu menjelaskan lebih lanjut hingga November 2017 ada 700 warga Prancis yang masih berperang bersama teroris, seperti dikutip Almaalomah (05/08).

Baca: Pasukan Prancis Evakuasi Teroris ISIS dari Deir Ezzor Suriah

“Lebih dari 500 anak di bawah usia 18 tahun dari kelompok ISIS masih berada di daerah itu, puluhan dari mereka tinggal di kamp-kamp pengungsi di Suriah utara dalam pengawasan suku Kurdi,” kata laporan itu.

Laporan tersebut menambahkan bahwa “kakek dan kerabat dari anak-anak Prancis telah membentuk sebuah komite untuk memberikan tekanan pada pemerintah dan membawa kembali anak-anak ke negaranya, tapi Menlu Prancis Jean-Yves Le Drian mengatakan sebelumnya dalam sebuah pernyataan bahwa “sementara warga Prancis dewasa yang ikut ISIS akan dituntut dimana pun mereka ditangkap, sedangkan anak-anak adalah masalah berbeda”.

Baca: Gadis Perancis Tergila-gila kepada ISIS

Menurut laporan tersebut “sekitar 77 anak-anak Prancis telah dikirim kembali ke negara mereka dari Irak dan Suriah, sebagian besar dari mereka di bawah usia delapan tahun, dimana setiap anak diawasi secara ketat oleh psikiater, pekerja sosial dan petugas keamanan. Instruksi yang dikeluarkan oleh Perdana Menteri menekankan bahwa beberapa Bentuk-bentuk pengawasan akan berlanjut tanpa batas”.

Baca: DICAMPAKKAN! ISIS Akan Balas Dendam Kepada Saudi, Mesir dan Perancis

Disisi lain, direktur program pemerintah untuk penanggulangan ekstrimisme di kalangan anak-anak Prancis Muriel Dominach mengatakan bahwa “otoritas Prancis mempertanyakan “Apakah mereka korban atau mereka berbahaya”, Jawabannya mereka adalah korban karena pilihan orang tua mereka, tetapi mereka mungkin berbahaya karena kita tidak tahu apa yang mereka derita saat ini?. Dan mungkin mereka telah menyaksikan peristiwa mengerikan, catatan bahwa beberapa dari mereka mungkin telah berpartisipasi dalam peristiwa mengerikan itu sendiri, dan sedang diselidiki tentang hal itu”. (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: