Internasional

Bashar Assad Undang Keluarga Tentara Rusia yang Tewas di Suriah

Presiden Bashar Al-Assad
Presiden Suriah, Bashar Assad

SURIAH – Anggota keluarga personel militer Rusia yang tewas di Suriah pada saat bertugas, tiba di Damaskus pada hari Senin atas undangan Presiden Suriah Bashar Assad dan istrinya Asma, yang dikenal karena kegiatan amal, seperti dilansir Almasdarnews (23/07).

Baca: Haru, Bashar Assad dan Ibu Negara Kunjungi Kamp Anak Para Martir di Hama

Keluarga tentara Rusia diharapkan bertemu dengan Presiden Suriah, dan dengan Patriark Antiokhia John X dan Mufti Besar Suriah Ahmad Badreddin Hassoun.

Mereka juga akan bertemu dengan keluarga almarhum tentara Suriah dan memberikan bantuan kemanusiaan ke sekolah anak yatim. Kelompok itu juga akan mengunjungi pangkalan udara Hmeimim untuk meletakkan bunga di sebuah monumen untuk personil militer Rusia yang tewas di Suriah.

Menurut seorang koresponden TASS, anggota keluarga dari lima perwira militer Rusia yang kehilangan nyawa mereka dalam perang melawan teroris, telah tiba di ibu kota Suriah.

Mereka termasuk orang tua Pahlawan Rusia Roman Filipov, yang jetnya ditembak jatuh dan bertempur dengan militan kemudian meledakkan dirinya dengan granat tangan setelah terluka parah.

Baca: Kunjungan Super “Gila” Bashar Assad

Delegasi Rusia juga termasuk istri dan anak-anak Pahlawan Rusia Marat Akhmetshin, seorang penasihat militer yang tewas dalam pertempuran dengan anggota kelompok ISIS, mencoba menyelamatkan sesama tentara.

Di antara anggota delegasi adalah istri dan putra Pahlawan Rusia Oleg Peshkov, yang pesawatnya ditembak jatuh oleh jet tempur Turki di wilayah udara Suriah. Selain itu turut serta istri dan putri Kolonel Valery Matveyev, yang tewas saat pendaratan keras sebuah helikopter Mi-12, dan putri perawat Nadezhda Durachenko, tewas dalam serangan militan di sebuah rumah sakit di Aleppo.

Sumber dalam delegasi mengatakan bahwa kunjungan itu telah dibahas pada pertemuan antara Assad dan Dmitry Sablin, ketua platform patriotik partai Rusia Bersatu dan wakil kepala organisasi veteran, yang diadakan pada Juni 2018.

Baca: Video Aksi Super Nekat Bashar Assad Kunjungi Ghouta Timur

Anak-anak almarhum dari personil militer Rusia dan Suriah sebelumnya diberi kesempatan untuk menghabiskan waktu bersama di pusat anak-anak Artek Rusia.

Perjalanan delegasi ke Suriah diselenggarakan oleh platform patriotik United Rusia, organisasi Persaudaraan Pertempuran dan kelompok Negara Duma Rusia (majelis rendah parlemen) untuk hubungan dengan parlemen Suriah, dengan dukungan dari Pertahanan Rusia dan Kementerian Luar Negeri. (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: