Fokus

Bashar Assad: Suriah dan Liga Arab Sepakat Bersatu

Bashar Assad dan Delegasi Negara Teluk
Bashar Assad dan Delegasi Negara Teluk

SURIAH – Pemerintah Suriah telah mencapai “pemahaman utama” dengan negara-negara Arab yang bermusuhan, Presiden Bashar Assad pada hari Rabu, setelah menerima delegasi dari Teluk dan negara-negara Barat selama beberapa bulan terakhir, seperti dilansir Almasdarnews (04/10).

Dalam sebuah wawancara eksklusif dengan surat kabar Kuwait Al-Shahed pada hari Rabu, yang pertama dengan outlet media Teluk sejak 2011, Assad menyarankan hubungan dengan kekuatan regional yang bermusuhan secara berangsur-angsur membaik dan dapat dinormalisasi, karena Angkatan Darat Suriah terus merebut kembali wilayah-wilayah yang dikendalikan pemberontak.

Baca: Bashar Assad Mutiara yang Tersisa dari Bangsa Arab

Sementara itu, mengomentari krisis Suriah dalam sebuah wawancara dengan Al-Arabiya, Menteri Luar Negeri Bahrain Khalid bin Ahmed Al Khalifa mengatakan Liga Arab harus berusaha untuk “merebut kembali” peran dalam masalah ini.

“Suriah adalah negara Arab. Orang-orangnya adalah orang Arab dan apa yang terjadi di sana mengkhawatirkan kita sebelum bangsa lain. Tidak benar bahwa negara-negara regional dan internasional sedang menyelidiki masalah Suriah, bukan kita,” kata Menteri Luar Negeri Bahrain.

Baca: Inilah Misteri Kenapa Arab Saudi Tak Lagi Ingin Gulingkan Bashar Assad

Suriah diskors dari Liga Arab pada akhir 2011, ketika negara-negara Teluk meningkatkan upaya mereka untuk menggulingkan pemerintah Assad sebagai bagian dari pertempuran mereka untuk mendominasi regional bersama Iran.

Namun, beberapa negara Teluk, termasuk Oman, dan pada tingkat lebih rendah, Bahrain, telah mempertahankan hubungan bersahabat dengan pemerintah Suriah.

Baca: Emir Kuwait: Arab Spring Adalah Era Kegelapan Dunia Arab

Sekarang, dengan pengaturan Damaskus tentang rekonstruksi pasca-perang nasional, beberapa pejabat pemerintah Suriah telah menuntut Arab Saudi dan sekutu regionalnya membayar miliaran dolar untuk reparasi Suriah. (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: