Headline News

BANGKRUT! Teroris ISIS Paksa Para Pedagang Gunakan Mata Uangnya

Senin, 29 Mei 2017 – 11.31 Wib,

SALAFYNEWS.COM, RAQQAH – Pada awal Mei, teroris ISIS memaksa para pedagang untuk menggunakan mata uangnya di daerah yang dikuasai oleh mereka, terutama di Raqqah dan Deir Ezzor. ISIS juga telah menerbitkan sebuah infografis yang menjelaskan mata uang baru tersebut. (Baca: ISIS Rampok Emas di Toko-Toko Anbar, Irak)

ISIS telah mengeluarkan mata uang dengan tiga nilai:

– Copper fils: 6 fils dengan berat 3 gram tembaga.
– Silver dirham: 1 dirham seberat 3 gram perak.
– Dinar emas: 1 dinar emas seberat 4,25 gram emas kaliber 21.

Setiap dirham perak sama dengan 100 fils tembaga, dan setiap dinar emas sama dengan 85 dirham perak. Menurut ISIS, nilai mata uang ditentukan oleh “Otoritas Moneter”. (Baca: BANGKRUT! Teroris ISIS Rampas Emas Para Wanita Mosul)

ISIS mencoba untuk mempromosikan mata uangnya dengan mengklaim bahwa “nilai sebenarnya tidak seperti mata uang kertas.” ISIS juga mengklaim bahwa mata uangnya bertahan nilainya selama perang dan krisis karena terbuat dari logam mulia.

Dipercaya bahwa ISIS datang untuk memaksakan mata uangnya setelah keruntuhan besar yang melanda pembiayaannya. Ini adalah hasil dari penghancuran perdagangan minyak ilegal dengan Turki oleh Kementerian Pertahanan Rusia dan kampanye pengeboman aktif fasilitas minyak ISIS oleh angkatan udara Rusia dan Suriah. (Baca: BUBAR! ISIS Tutup Semua Pusat Keuangan di Barat Mosul)

Mata uang ISIS membawa nilai logam yang dibuatnya. Namun, kursnya dimanipulasi dan tidak mencerminkan nilai sesungguhnya dari logam-logam ini. Selain itu, ISIS adalah orang yang menentukan nilai tukar, sehingga menjadikan mata uang ini sebagai salah satu penipuan keuangan terbesar dalam dasawarsa ini.

ISIS juga menerbitkan foto yang menunjukkan pedagang dan warga sipil melakukan perdagangan dengan mata uang itu di kota Raqqah. (SFA)

Sumber: Southfront

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: