Headline News

Bachtiar Nasir Resmi Ganti Nama GNPF MUI Jadi GNPF Ulama

Senin, 30 Oktober 2017 – 20.14 Wib,

SALAFYNEWS.COM, JAKARTA – Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Majelis Ulama Indonesia disingkat GNPF MUI, diubah namanya menjadi GNPF Ulama. Hal itu disampaikan oleh Ketua GNPF KH Bachtiar Nasir.

Baca: Pentolan GNPF MUI Bachtiar Nasir Ditolak Tausiah di Cirebon, Ini Komentar Polisi

“Hanya ganti nama saja,” ujarnya kepada wartawan termasuk hidayatullah.com dalam konferensi pers terkait Perppu Ormas yang disahkan jadi UU Ormas di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Senin (30/10/2017).

Bachtiar menjelaskan, perubahan nama itu agar apa yang dikawal GNPF berupa fatwa tidak semata-mata akarnya MUI.

“Karena tentu (MUI) punya privasi sendiri,” ungkapnya. Sekjen Majelis Intelektual dan Ulama Muda Indonesia (MIUMI) ini juga mengatakan, hal itu agar MUI juga tidak terlalu terbebani dengan nama yang disandang.

“Sehingga istilah ‘ulama’ akan menjadi ijma bersama dari tokoh-tokoh GNPF dan ulama-ulama yang ada dalam mengambil keputusan,” tandasnya.

Baca: Bachtiar Nasir Ketua GNPF MUI Dukung Pemberontak Suriah? Ini Penjelasannya

Diketahui, GNPF MUI dibentuk sekitar bulan Oktober 2016 lalu di Jakarta oleh sejumlah ulama dan tokoh, buntut dari kasus penistaan agama dengan terpidana Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), Gubernur DKI Jakarta saat itu.

GNPF MUI lalu menggerakkan sebuah aksi besar-besaran dalam mengawal kasus penistaan agama itu, yang populer dengan sebutan Aksi Bela Islam. Aksi yang digelar beberapa kali ini sempat diikuti jutaan umat Islam dari berbagai kalangan dan daerah di Indonesia pada Jumat, 2 Desember 2016 (Aksi 212).

Baca: MUI: GNPF Bukan Bagian dari Kami, Jangan Gunakan Logo dan Atribut MUI

Seperti kita ketahui bersama bahwa GNPF MUI kerjanya bertabrakan dengan MUI banyak hal yang tidak sama, dan MUI juga sudah menjelaskan bahwa GNPF MUI bukan milik MUI. Dan GNPF ulama ini juga tidak jelasa mewakili siapa. Ini salah satu cara terbaru kelompok ini untuk membuat sebuah rencana ke depan, karena saat ini mendekati Pilpres 2019. (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: