Headline News

Assad: Koalisi Anti ISIS Pimpinan AS Hanya Pencitraan

Rabu, 08 Februari 2017 – 08.31 Wib,

SALAFYNEWS.COM, DAMASKUS – Presiden Suriah Bashar Assad mengecam koalisi pimpinan AS terhadap ISIS di Suriah, dan mengatakan mereka hanya “berpura-pura”, bahkan kelompok teroris ini semakin berkembang sejak operasi mereka dimulai. (Baca: Rusia ‘Tampar’ Wajah Barat dan Amerika Terkait Teroris ISIS di Suriah)

Berbicara kepada sekelompok wartawan Belgia, Assad juga meragukan janji Presiden AS Donald Trump dalam perang melawan teroris ISIS, kantor berita SANA melaporkan pada hari Selasa.

“Apa yang kita dengar dari pernyataan Trump selama kampanye dan setelah kampanye, menjanjikan mengenai prioritas memerangi teroris, terutama ISIS, itulah yang kita minta selama enam tahun terakhir,” katanya.

Namun, “kita harus menunggu, masih dini untuk mengharapkan sesuatu yang praktis,” tambahnya. Sejauh ini tidak ada operasi AS di Suriah terhadap ISIS, katanya, dan menambahkan mereka ilegal karena mereka melakukan tanpa konsultasi atau mendapatkan izin dari pemerintah Suriah.

“Biarkan saya berbicara jujur dengan Anda, ketika Anda berbicara tentang kontribusi dalam operasi melawan ISIS, sebenarnya tidak ada operasi terhadap ISIS. Aliansi Amerika terhadap ISIS adalah operasi kosmetik (pencitraan). (Baca: Pengakuan Heboh Clinton: Amerika Ciptakan Al-Qaeda, Nato-Israel Ciptakan ISIS)

Assad juga menuduh lembaga PBB bertindak tidak adil terhadap negaranya, dan mengatakan “mereka bias karena pengaruh Amerika, Perancis dan Inggris.”

“Mereka hanya dipolitisir untuk melaksanakan agenda negara-negara adidaya,” tambahnya.

Assad menyatakan ini dalam menanggapi keputusan Majelis Umum PBB untuk mengumpulkan bukti tentang kejahatan perang di Suriah untuk menindak para pelaku kejahatan.

“Kami harus membela negara, dan ketika kita harus mempertahankannya, kita tidak peduli tentang pengadilan ini, atau lembaga internasional lainnya,” tambah Assad. “Itu hanya sebuah aliansi pencitraan, karena ISIS telah berkembang selama operasi itu. Pada saat yang sama, operasi yang mereka lakukan ilegal … dan itu adalah pelanggaran kedaulatan kami.”

“Ketiga, mereka tidak mencegah pembantaian warga Suriah oleh ISIS, jadi apa yang harus disyukuri? Terus terang, tidak ada,” katanya ketika ditanya apakah ia menghargai kontribusi Belgia sebagai bagian dari koalisi. (Baca: Tujuan Amerika di Suriah Bukan ISIS)

Assad mengatakan Uni Eropa seharusnya tidak memiliki peran dalam rekonstruksi Suriah kecuali perubahan kebijakannya terhadap Suriah. “Mereka (orang Eropa) yang mendukung al-Nusra dan ISIS dari awal, mereka adalah ekstrimis dari awal. Jadi, mereka tidak dapat menghancurkan dan membangun pada saat yang sama”. (SFA)

1 Comment

1 Comment

  1. Pingback: Assad: Koalisi Anti ISIS Pimpinan AS Hanya Pencitraan | ISLAM NKRI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: