Fokus

Assad Beberkan Barat Gunakan White Helmets untuk Serang Suriah

Bashar Assad Syria

SURIAH – AS, Inggris dan Perancis meluncurkan serangan udara ke Suriah pada April setelah menuduh Damaskus melakukan serangan kimia di kota Douma. Pemerintah Suriah dan Rusia telah menuduh kelompok Helmet Putih yang didanai AS dan Inggris dengan pementasan serangan kimia palsu di kota tersebut untuk mendorong intervensi militer Barat, seperti dilansir SputnikNews (10/06).

Baca: Kesaksian Dokter di RS Douma Ungkap Fakta Serangan Kimia di Douma

Berbicara kepada The Mail pada hari Minggu, Presiden Assad menuduh tiga kekuatan Barat menggunakan kelompok White Helmets untuk memberikan alasan menyerang Suriah.

“Inggris secara publik mendukung White Helmets yang merupakan cabang dari al-Qaeda, al-Nusra, di berbagai wilayah Suriah. Mereka [Inggris] menghabiskan banyak uang, dan kami menganggap White Helmets sebagai proxy Inggris. Jadi pasti, itu dipentaskan oleh ketiga negara ini bersama-sama, dan Inggris terlibat,” kata Assad.

Memperhatikan bahwa tripartit AS-Inggris-Prancis tidak memberikan bukti kepada publik bahwa serangan sebenarnya terjadi di Douma, Assad mengatakan bahwa ini bukan intinya. “Inti dari masalah ini adalah bahwa mereka perlu melemahkan pemerintah Suriah, karena mereka perlu mengubah dan menggulingkan pemerintah Suriah pada awal peristiwa perang di Suriah. Mereka terus gagal, mereka terus berbohong, dan mereka terus memainkan perang melawan pemerintah kita,” kata Bashar Assad.

Baca: Saudi Otak Dibalik Serangan Kimia di Douma, Ghouta Timur

Mengomentari pernyataan Perdana Menteri Theresa May bahwa partisipasi Inggris dalam serangan terhadap Suriah diizinkan di bawah hukum internasional dan bertujuan untuk mengurangi penderitaan, Assad mengatakan bahwa dengan logikanya, “ketika Inggris dan AS menyerang Irak secara ilegal pada tahun 2003, membunuh jutaan orang, menyebabkan kehancuran, apalagi jumlah janda dan orang yang diamputasi … setiap pemerintah memiliki hak untuk menyerang Inggris atau AS jika dianggap tindakan itu dibenarkan, sah dan diizinkan berdasarkan hukum internasional untuk meringankan penderitaan manusia.”

Aliansi Barat Mendukung Teroris

Suriah, dengan bantuan dari Rusia dan Iran, telah menanggung beban dalam perang internasional melawan teroris ISIS, Jabhat Nusra dan kelompok teroris lainnya, Assad menekankan. “Tidak ada pihak lain yang melakukan hal yang sama, bahkan sebagian. Jika Anda ingin berbicara tentang Barat dan aliansi militer Barat yang dipimpin oleh Amerika, sebenarnya mereka mendukung ISIS, karena mereka telah menyerang Angkatan Darat Suriah setiap kali kita menyerang atau kami diserang oleh ISIS, insiden terakhir terjadi hanya beberapa hari yang lalu, ketika ISIS menyerang tentara Suriah dan tentu saja kami mengalahkan mereka, dan sebagai tanggapan Amerika menyerang pasukan kami di bagian timur Suriah.”

Baca: Ditemukan Seragam White Helmets dan Paspor Saudi di Lab Kimia Teroris

Akhirnya, Assad menuduh Barat berusaha melakukan “kebijakan kolonial” di Suriah. “Mereka tidak pernah mengubah kebijakan ini sejak kolonialisme lama yang ada pada awal abad ke-20 dan abad ke-19 dan sebelumnya, tetapi hari ini ditutupi oleh, katakanlah, topeng baru, atau topeng yang berbeda,” katanya. (SFA)

3 Comments

3 Comments

  1. Pingback: Assad-Rusia Kalahkan Teroris Suriah Bukan AS | SALAFY NEWS

  2. Pingback: Israel Evakuasi White Helmets dari Suriah | SALAFY NEWS

  3. Pingback: Bashar Assad: Kelompok White Helmets Teroris, | SALAFY NEWS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: