Asia

AS Tuduh China Bunuh Puluhan Intelejen CIA

Minggu, 21 Mei 2017 – 08.52 Wib,

SALAFYNEWS.COM, CHINA – Seorang pejabat AS menuduh pemerintah China telah membunuh atau memenjarakan antara 18 dan 20 informan CIA dalam waktu dua tahun.

Pelanggaran intelijen yang berlangsung dari tahun 2010 sampai akhir tahun 2012 menyebabkan pemenjaraan atau pembunuhan sumber yang bekerja untuk Badan Intelijen Pusat AS, dua pejabat Amerika mengatakan kepada The New York Times sebagaimana dikutip dalam sebuah laporan pada hari Sabtu (20/05).

Langkah tersebut secara sistematis membongkar operasi agen di negara tersebut dengan melepaskan jaringan mata-matanya. Hal tersebut memicu penyelidikan bersama oleh CIA dan FBI, dengan kode operasi yang diberi nama “Honey Badger,” di utara negara bagian Virginia, AS.

Kekalahan itu bisa disebabkan oleh hacking sistem komunikasi CIA oleh China. Seorang pegawai FBI mengaku telah bersalah dengan menyampaikan informasi teknologi sensitif ke Beijing untuk uang dan pelacur tahun lalu.

Dalam sebuah kunjungan baru-baru ini oleh Presiden China Xi Jinping, Presiden AS Donald Trump memuji awal “hubungan yang sangat hebat,” dengan Beijing.

Dia juga menerima undangan untuk melakukan kunjungan kenegaraan ke ibukota China “dengan senang hati.” (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: