Amerika

AS Tolak Hentikan Latihan Perang Selama Olimpiade Musim Dingin di Korsel

Minggu, 31 Desember 2017 – 07.18 Wib,

SALAFYNEWS.COM, WASHINGTON DC – Menteri Pertahanan AS James Mattis mengatakan bahwa Amerika Serikat tidak berencana untuk menghentikan sementara latihan militer tahunan bersama dengan Korea Selatan selama Olimpiade Musim Dingin mendatang di negara Asia tersebut.

Baca: Panasi Korut, AS Keluarkan 6 Jet F-22 dalam Latihan Militer Gabungan dengan Korsel

Korea Selatan akan menjadi tuan rumah Olimpiade pada bulan Februari di tengah meningkatnya ketegangan dengan Korea Utara.

Seoul dan Washington biasanya mengadakan dua latihan militer tahunan mereka, yang disebut Key Resolve dan Foal Eagle, pada bulan Maret dan April, dengan sekitar 17.000 tentara Amerika dan lebih dari 300.000 tentara Korea Selatan berpartisipasi dalam latihan tersebut.

Pyongyang sangat kritis terhadap latihan tersebut dengan menyebutnya sebagai persiapan untuk menyerang Korea Utara. Sebagai tanggapan, Korut terus  mengembangkan program senjatanya.

Baca: Peretas Korut Obok-obok Data Militer Korsel

Awal bulan ini, media pemerintah Korea Utara menggambarkan latihan gabungan antara AS dan Korea Selatan sebagai blokade angkatan laut melawan Korea Utara dan memperingatkan bahwa tindakan tersebut akan membuat Korut mengambil langkah  “membela diri”.

Blokade itu akan menjadi “pelanggaran berat” terhadap  kedaulatan dan martabat negara. Korut menyatakan bahwa presiden AS telah mengambil langkah “sangat berbahaya dan besar menuju perang nuklir” karena telah melakukan tindakan ekstrem seperti itu.

Baca: CIA & Intelijen Korsel Rencanakan Pembunuhan Kim Jong-Un dengan Zat Kimia

Presiden Korea Selatan Moon Jae-in mengatakan pada tanggal 20 Desember bahwa ia siap untuk menunda latihan militer gabungan untuk mengurangi ketegangan dengan Korea Utara. Namun Mattis mengatakan pada Jum’at malam (29/12) bahwa Amerika Serikat tidak akan mengubah jadwal latihan militernya karena masalah internasional. (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: