Headline News

AS Tak Hiraukan Turki Tetap Persenjatai Pasukan Kurdi Suriah

Rabu, 10 Mei 2017 – 07.53 Wib,

SALAFYNEWS.COM, SURIAH – Presiden AS Donald Trump telah memberi wewenang untuk mempersenjatai pasukan Kurdi di Suriah meski mendapat kecaman keras dari Turki. (Baca: Persekutuan Nakal Amerika-Turki)

Pentagon membuat pengumuman pada hari Selasa, dan menekankan bahwa mempersenjatai Pasukan Demokratik Suriah (SDF) adalah untuk “memastikan kemenangan yang jelas” dalam operasi yang bertujuan untuk membebaskan Raqqah dari kelompok teroris ISIS.

AS saat ini memberikan dukungan udara untuk anggota SDF – aliansi yang didominasi Kurdi dan anti-Damaskus. Mereka sebagian besar telah mengelilingi Raqqah dan diharapkan segera memulai operasi penyerangan.

SDF dipimpin oleh Unit Perlindungan Rakyat Kurdi (YPG) yang dipandang Ankara sebagai organisasi teroris karena diklaim terkait dengan Partai Pekerja Kurdistan yang terlarang (PKK). (Baca: Menhan Iran: ISIS Buah Konspirasi AS-Zionis Hancurkan Islam dan Dunia)

“Kami sangat menyadari masalah keamanan mitra koalisi Turki kami,” kata juru bicara Pentagon Dana White. “Kami ingin meyakinkan rakyat dan pemerintah Turki bahwa AS berkomitmen untuk mencegah risiko keamanan tambahan dan melindungi sekutu NATO kami,” tambahnya.

Sekretaris Pers Gedung Putih Sean Spicer juga mengkonfirmasi pengumuman tersebut, “Kemarin presiden Trump telah memberi wewenang kepada Departemen Pertahanan untuk melengkapi elemen Kurdi dari Pasukan Demokratik Suriah dengan peralatan militer yang diperlukan untuk memastikan kemenangan yang jelas atas ISIS di Raqqah, Suriah. SDF dengan dukungan yang memungkinkan dari pasukan AS dan koalisinya adalah satu-satunya kekuatan di lapangan yang dipersiapkan untuk berhasil merebut Raqqah dalam waktu dekat”. (Baca: Global Research Kanada Ungkap 7 Negara Sponsor ISIS)

Langkah tersebut diumumkan setelah Menteri Pertahanan AS James Mattis mengatakan Washington akan bekerja sama dengan Turki untuk membebaskan kota Raqqah Suriah yang diduduki ISIS.

“Kami akan menyelesaikannya dan mencari tahu bagaimana kami akan melakukannya, tapi kami semua berkomitmen untuk itu,” tambahnya. (SFA)

Sumber: PTV

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: