Headline News

AS-Kurdi Nyaris Perang Terbuka dengan Pasukan Suriah Dekat Markas ISIS

Sabtu, 17 Februari 2018, 08.33 Wib,

SALAFYNEWS.COM, SURIAH – Amerika Serikat dan sekutunya (Kurdi) nyaris perang terbuka dengan angkatan bersenjata Suriah, juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Maria Zakharova mengatakan. “Militer AS terus menempati area seluas 55 km di dekat Al-Tanf, yang telah menjadi zona penampungan bagi anggota ISIS yang tersisa,” kata Zaljarpva, AMN melaporkan.

Baca: Satelit Rusia Ungkap Pangkalan Al-Tanf AS di Suriah Latih Ratusan Teroris

“Amerika melakukan tindakan pemberontakan di tepi timur Sungai Efrat, dimana mereka mendekati konfrontasi terbuka dengan tentara Suriah yang berusaha mendukung sekutu Kurdi mereka,” Zakharova menambahkan.

Dia lebih lanjut menjelaskan bahwa “orang-orang Amerika telah memprovokasi Turki, mengirim konvoi senjata untuk orang Kurdi melalui wilayahnya.” “Sebagai gantinya, Turki terus melakukan operasi Olive Branch di basis Kurdi, Afrin.”

Baca: Pasukan Darat Suriah Hajar dan Tangkap Teroris di Ghouta Timur

“Teroris dari kelompok Hayat Tahrir al-Sham terus melakukan provokasi agresif di bagian barat zona de-eskalasi, Ghouta Timur, terutama menembaki Damaskus dan membunuh warga sipil,” tambahnya.

Pejabat Turki berkali-kali menyatakan bahwa pengiriman senjata ke Kurdi, Suriah, adalah salah satu alasan utama memburuknya hubungan antara Ankara dan Washington.

Baca: Rusia Ungkap Pangkalan Tanf AS Jadi Pusat Bantuan Logistik untuk ISIS di Suriah

Turki mengatakan bahwa Amerika Serikat melakukan kesalahan dengan pengiriman senjata ke Unit Perlindungan Rakyat Kurdi (YPG) karena mereka percaya bahwa YPG terkait dengan Partai Pekerja Kurdistan (PKK), yang ditunjuk sebagai organisasi teroris oleh Ankara. Otoritas Turki mengatakan bahwa senjata yang disediakan oleh AS dapat digunakan untuk melawan Turki. (SFA/FNA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: