Fokus

AS Dirikan Pangkalan Militer Baru di Gunung Sinjar

Pangkalan Militer AS di Irak

IRAK – Pasukan AS sedang membangun pangkalan militer baru di Barat Laut Mosul, kata seorang pejabat pada Minggu (03/06). Situs berita al-Yaqin berbahasa Arab mengutip Jalal Khalou, wakil gubernur di Sinjar di provinsi Nineveh, melaporkan bahwa pasukan AS sedang membangun pangkalan militer di Gunung Sinjar Barat Laut Mosul, seperti dilansir FNA (03/06).

Baca: Amerika Bangun Pangkalan Militer Terbesar di Mosul, Irak

Dia lebih lanjut mengatakan kepada bahwa tampak belasan kendaraan militer Amerika telah dikerahkan ke Gunung Sinjar sejak Jum’at, menambahkan bahwa pasukan berencana untuk mendirikan pangkalan militer di Gunung Sinjar yang merupakan markas paling penting yang hanya berjarak 125 km dari Mosul. dekat perbatasan dengan Suriah.

Pada Desember 2017, Menteri Luar Negeri Irak Ibrahim al-Jafari menggarisbawahi oposisi yang kuat terhadap pembentukan basis permanen oleh koalisi pimpinan AS di negaranya.

Baca: Irak Kembangkan Nuklir, Amerika Semakin Terpojok di Timur Tengah

“Koalisi internasional tidak berhak memiliki pangkalan militer permanen di Irak setelah ISIL dikalahkan. Intervensi militer koalisi internasional di Irak dimaksudkan untuk mendukung perang pemerintah Irak melawan ISIL dengan syarat bahwa itu tidak akan melanggar kedaulatan negara, “Jafari seperti dikutip oleh surat kabar al-Watan berbahasa Arab.

Dia menjelaskan bahwa koalisi akan tetap di Irak sampai semua afiliasi ISIL dicopot di Irak.

Pernyataannya datang setelah sumber-sumber Irak mengungkapkan pada bulan Agustus 2017 tentara AS mulai membangun pangkalan militer terbesarnya di provinsi Nineveh Irak dalam upaya untuk mengontrol perbatasan negara dengan Suriah.

Baca: Mantan Pejabat CIA: Skenario AS Invasi Irak untuk Lawan Iran

“Pasukan AS telah memulai operasi konstruksi pangkalan militer terbesar di dekat desa Kahriz di wilayah Zamar Barat Sungai Tigris di provinsi Nineveh,” kata Juru Bicara Resmi untuk Kelompok Suku Arab Mozahem al-Havit.

Dia menegaskan kembali bahwa AS juga berencana untuk membangun empat pangkalan militer lagi di bagian lain dari provinsi Nineveh, dan berkata, “Misi pasukan AS di Mosul Barat akan memantau perbatasan Irak-Suriah dari wilayah Barat Sinjar ke al-Qaem.”. (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: