Fokus

Aneh, Irak Larang Pesawat Perang Rusia Lintasi Wilayah Udaranya

Pesawat Tupolev Rusia
Pesawat Tupolev Rusia

BAGHDAD – Pasukan Udara Rusia dialihkan dari wilayah udara Irak pada hari Jumat (31/08) dan dipaksa untuk mengubah rute ke wilayah udara Iran, pengamat lalu lintas udara melaporkan siang kemarin waktu setempat, seperti dilansir Almasdarnews.

Baca: Permintaan Kemanusiaan Kadyrov Kepada Menhan Rusia, Selamatkan Anak-anak di Suriah-Irak

Menurut laporan, pesawat Tu-154M Rusia sedang melakukan perjalanan dari Moskow ke provinsi pesisir Suriah, Latakia, ketika pemerintah Irak membuat keputusan untuk memblokir penerbangan pesawat perang di atas wilayah udara mereka.

Baca: Menhan Rusia: Mustahil Kami Abaikan Ancaman Teroris di Suriah, Irak dan Libya

Tidak ada alasan yang dikutip oleh Kementerian Pertahanan Irak karena memblokir pesawat perang Rusia ini. Pesawat perang Rusia dilaporkan membuat upaya lain untuk terbang melintasi Irak untuk mencapai provinsi Latakia di barat Suriah.

Baca: Rusia: Koalisi Internasional Pimpinan AS Pura-pura Perangi ISIS di Irak

Suriah dan Irak memiliki perjanjian untuk mengizinkan pasukan udara mereka menggunakan wilayah udara satu sama lain saat menyerang ISIS. Namun, jet Rusia kemungkinan mengangkut pasukan ke pangkalan udara Hmeimim di Jableh, yang menimbulkan pertanyaan mengapa mereka dilarang menggunakan wilayah udara Irak. (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: