Fokus

Ancaman Menggelikan AS dan Sekutu ke Suriah

Foto Bashar Assad dan Donald Trump
Foto Bashar Assad dan Donald Trump

SURIAH – Amerika Serikat, Inggris dan Prancis sepakat bahwa setiap penggunaan senjata kimia oleh pemerintah Suriah akan menghasilkan respons yang jauh lebih kuat daripada insiden sebelumnya, Penasihat Keamanan Nasional AS John Bolton menyatakan di Washington, DC, seperti dilansir Almasdarnews (10/09).

Baca: Komandan dan Ahli Senjata Kimia Teroris Melarikan Diri dari Idlib ke Turki

“Kami telah mencoba menyampaikan pesan dalam beberapa hari terakhir bahwa jika ada penggunaan senjata kimia, tanggapan akan jauh lebih kuat,” Penasihat Keamanan Nasional AS John Bolton mengatakan saat menjawab pertanyaan setelah pidato kebijakan.

Pada 22 Agustus Bolton juga menyatakan bahwa AS akan menjawab “dengan cara yang cepat dan tepat untuk setiap penggunaan senjata kimia yang diverifikasi di Idlib atau tempat lain di Suriah.”

Baca: Menlu Suriah Bongkar Makar Busuk AS Soal Senjata Kimia

Pernyataan Penasihat Keamanan Nasional AS muncul setelah beberapa peringatan dari Suriah dan Rusia tentang teroris yang mempersiapkan serangan kimia yang akan dipentaskan terhadap warga sipil di provinsi Idlib untuk memprovokasi negara-negara barat dan memberikan dalih kepada mereka untuk melakukan pembalasan terhadap Damaskus.

Baca: White Helmets Otak Serangan Kimia Palsu di Idlib Suriah

Meskipun pasukan Suriah kembali menguasai bagian terbesar negara itu, provinsi Idlib berada di salah satu zona eskalasi de-Suriah dan tetap menjadi benteng penting bagi para teroris. (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: