Headline News

Ancaman Houthi Terbukti, Rudal Cruise Yaman Hajar Reaktor Nuklir Emirat

Senin, 04 Desember 2017 – 08.24 Wib,

SALAFYNEWS.COM, YAMAN – Akhirnya ancaman Pemimpin gerakan Ansarullah Yaman, Abdul Malik al-Houthi yang diucapkannya pada bulan september 2017 terbukti, saat itu Houthi mengatakan bahwa negara tetangganya yaitu Uni Emirat Arab (UEA), saat ini Emirat bukan lagi negara yang aman karena rudal yang diproduksi oleh Yaman sekarang dapat ditembakkan ke titik manapun di wilayahnya atau dengan kata lain “Tak ada celah bagi Abu Dhabi dari Rudal Yaman”. Hal ini sebuah pesan ancamam serius dari Houthi. Menghadapi para pendukungnya melalui pidato di televisi dari ibukota Yaman Sana’a, pada hari Kamis (14/10/2017) malam, Houthi mengatakan bahwa rudal Ansarullah mampu mencapai Abu Dhabi dan tempat lain di UAE.

Pasukan Unit Rudal Yaman mengumumkan pada Minggu (03/12) bahwa pihaknya telah meluncurkan sebuah rudal ke Reaktor Nuklir milik Uni Emirat Arab di Abu Dhabi. Reporter Yaman, Hussein Al-Bukhaiti melaporkan beberapa waktu lalu bahwa rudal yang diluncurkan adalah rudal tipe Cruise dan diluncurkan ke reaktor nuklir Barakah milik Uni Emirat Arab yang rencananya akan mulai dioperasikan berturut-turut antara tahun 2018-2010.

Baca: Pesan Ancamam Houthi: Tak Ada Celah Bagi Abu Dhabi dari Rudal Yaman

Uni Emirat Arab bersama dengan Arab Saudi telah menyerang dan memblokade Yaman sejak Maret 2015, menimbulkan bencana kemanusiaan di negara termiskin di timur-tengah tersebut, dengan kelaparan dan wabah penyakit.

Setelah serangan ke bandara King Khalid di Saudi pada tanggal 5 November, Blokade koalisi diperketat di hampir semua pelabuhan udara, darat dan laut Yaman, memberikan tekanan lebih lanjut kepada orang-orang Yaman, hingga mereka tidak bisa menerima bantuan kemanusiaan yang sangat dibutuhkan melalui kota pelabuhan barat Hudaydah dan sebuah bandara internasional di ibukota Sana’a, karena keduanya di bawah pengepungan yang melumpuhkan itu.

Baca: WOW! Yaman Ancam Serang Bandara dan Pelabuhan di Saudi-UEA

Pasukan Yaman mengancam akan melakukan pembalasan atas blokade kejam yang diberlakukan Aarab Saudi dan sekutunya terhadap negara miskin tersebut.

Unit Rudal Yaman merilis video serangan ke reaktor Nuklir Barakah milik Uni Emirat Arab beberapa waktu setelah membuat pengumuman mengejutkan mengenai serangan mereka pada Minggu (03/12) ke reaktor tersebut.

Seorang pejabat unit rudal tersebut mengatakan kepada kantor berita Yaman, SABA, bahwa rudal Cruise yang diluncurkan menargetkan reaktor nuklir al-Barakah di Abu Dhabi, serangan tersebut terjadi setelah sebuah uji coba rudal serupa yang berhasil dilakukan pada akhir Agustus lalu.

Baca: Kapal Perang Saudi Dihantam Rudal Yaman di Perairan Mokha

Pejabat tersebut mengatakan bahwa rudal Cruise yang mereka luncurkan menabrak reaktor secara akurat. Perlu dicatat bahwa Reaktor Nuklir Barakah terdiri dari empat reaktor nuklir yang berada di wilayah barat Emirat, Abu Dhabi, dan menghadap ke Teluk Arab, sekitar 53 km barat daya kota Ruwais.

Rilis video ini sekaligus membantah pernyataan Uni Emirat yang menyangkal bahwa rudal Houthi berhasil menargetkan reaktor nuklir yang rencananya akan mulai beroperasi berturut-turut antara 2018 hingga 2020 itu. (SFA)

Sumber: Berbagai Media

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: