Headline News

Analis: Kudeta Terselubung Putra Mahkota Saudi

Senin, 06 November 2017 – 06.34 Wib,

SALAFYNEWS.COM, LONDON – Seorang analis mengatakan bahwa putra mahkota Saudi Mohammed bin Salman “melenturkan otot-ototnya” untuk menyingkirkan semua “broker kekuasaan” dalam keluarga kerajaan. Puluhan pangeran, menteri dan mantan menteri telah ditahan oleh Komite Anti-Korupsi Arab Saudi.

Baca: Financial Tribune: “Kudeta Terbaru” Kerajaan Arab Saudi

“Sebenarnya yang kita saksikan sekarang di Arab Saudi adalah kudeta melawan sistem dan tradisi politik Saudi, juga melawan sistem suksesi di dalam keluarga Al Saud, menghancurkan hierarki dan senioritas di antara bangsawan dan sebuah revolusi melawan semua pedoman dan instruksi dari pendiri kerajaan kerajaan, Raja Abdulaziz”, Aly el-Kabbany mengatakan kepada Press TV dalam sebuah wawancara pada hari Minggu.

Sebelumnya, Komite Anti-Korupsi Arab Saudi dibentuk pada hari Sabtu (04/11/2017) dengan dekrit Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud, yang diterbitkan oleh kantor berita resmi Saudi (SPA) pada hari Sabtu.

Baca: Putra Mahkota Mohammed Bin Salman Sumber Bencana Kerajaan Riyadh

Keputusan tersebut menunjuk putra mahkota, Mohammed bin Salman, sebagai ketua komite anti-korupsi.

Komite tersebut dibebaskan dari “undang-undang, peraturan, instruksi, perintah dan keputusan” saat melaksanakan tugasnya, yakni “mengidentifikasi pelanggaran, kejahatan, orang dan entitas” yang terlibat dalam korupsi, dan memberi wewenang untuk menerapkan tindakan hukuman pada mereka yang tertangkap basah, termasuk pembekuan aset, larangan bepergian dan penangkapan.

Baca: Mohammed Bin Salman Tangkap 11 Pangeran dan 4 Menteri Arab Saudi

Komite tersebut membuat penangkapan pertamanya beberapa jam setelah dibentuk, menahan 11 pangeran, empat menteri aktif serta “puluhan” mantan menteri pemerintah Saudi, Al-Arabiya melaporkan. (SFA)

Sumber: PTV

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: