Amerika

Amerika Aktifkan Sistem Pertahanan Rudal THAAD di Korsel

Selasa, 02 Meri 2017 – 14.17 Wib,

SALAFYNEWS.COM, KOREA SELATAN – Juru bicara pasukan AS di Korea Selatan, Kolonel Rob Manning mengatakan kepada kantor berita Sputnik bahwa pihaknya telah selesai memasang sistem pertahanan rudal AS “THAAD” dan kini sudah beroperasi. (Baca: Korut Ancam AS Perang Total dan Akan Terus Uji Rudal)

Manning mengatakan bahwa sistem pertahanan rudal ini siap mencegat rudal-rudal yang akan diluncurkan Pyongyang.

Manning mengungkapkan bahwa “pasukan AS yang berada di Korea telah mengkonfirmasi bahwa mereka telah selesai memasang sistem pertahanan rudal “THAAD” yang mampu mencegat rudal-rudal yang diluncurkan Korea Utara dan melindungi Republik Korea”.

Sebelumnya pemimpin Korut Kim Jong-Un mengklaim bahwa negaranya telah mengembangkan miniatur hulu ledak nuklir terbaru, yang dapat dipasang pada rudal balistik jarak jauh negara itu.

Aksi Korea Utara ini rupanya ditanggapi serius oleh Korea Selatan yang kemudian meminta bantuan kepada saudara jauhnya Amerika serikat di gedung putih. (Baca: Korea Utara Kirimkan Pesan “Perang” ke Washington)

Tentunya, jika Sistem pertahanan THAAD dikerahkan ke Korea Selatan dan penempatannya strategis dan tepat maka bisa dipastikan hampir semua rudal yang diluncurkan dari Korea Utara bisa dicegat. Dan jangkauan yang dimilki sistem pertahanan THAAD hampir akan menghilangkan semua ancaman dari Korea Utara, seperti dilansir Arabic.SputnikNews (02/05).

Sementara itu, China merasa khawatir atas pemasangan sistem anti rudal THAAD akan mengganggu keseimbangan regional dan China pun menentangnya namun AS dan Korea Selatan memutuskan untuk tetap menyebarkan sistem pertahanan rudal ini setelah uji coba rudal yang dilakukan oleh Korea Utara. (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: