Asia

Aliansi China-Pakistan Terbentuk Pasca Trump Tuduh Islamabad Bantu Teroris

Sabtu, 26 Agustus 2017 – 07.36 Wib,

SALAFYNEWS.COM, CHINA – Sekretaris Negara AS Rex Tillerson berbicara melalui telepon pada hari Rabu dengan Yang Jiechi, anggota dewan luar negeri China dalam urusan luar negeri. Yang Jiechi yang mengalahkan menteri luar negeri China, membela Pakistan setelah Presiden AS Donald Trump mengklaim bahwa mereka “sering memberi tempat yang aman bagi agen-agen kekacauan, kekerasan dan teror” dalam sebuah pidato pada hari Senin lalu. (Baca: Pakistan Buka Perbatasan dengan Afghanistan yang Tertutup Selama 32 Tahun)

Trump menyebut Pakistan sebagai “mitra terhormat” yang “kontribusi dan pengorbanannya” dalam melawan terorisme harus dipuji. Namun, Trump melanjutkan dengan mengatakan, “Pakistan juga telah melindungi organisasi yang sama yang mencoba setiap hari untuk membunuh orang-orang kita. Kami telah membayar miliaran dan miliaran dolar ke Pakistan, pada saat yang sama mereka menampung para teroris yang kita lawan. “

China membela sekutunya dalam perbincangan Tillerson/Yang. “Kita harus menghargai peran penting Pakistan dalam masalah Afghanistan, dan menghormati kedaulatan Pakistan serta masalah keamanan yang masuk akal,” ucap Yang sebagaimana yang dilaporkan.

Yang kemudian mengatakan kepada Tillerson bahwa China bersedia meningkatkan kerja sama dengan Amerika di Afghanistan sebagai “upaya bersama untuk mewujudkan perdamaian dan stabilitas”. Ini terjadi setelah seruan Trump terhadap sekutu AS dan mitra global untuk mendukung strategi barunya hanya untuk memfokuskan pada upaya menghapus organisasi teroris di Afghanistan, bukan pembangunan negara. (Baca: PM Pakistan Bersumpah Untuk Melawan “Ancaman Asing Terhadap Pakistan”)

Beijing memiliki masalah keamanan sendiri di kawasan ini, termasuk terorisme yang bermigrasi dari Afghanistan melalui Pakistan ke China Barat. Pada bulan September 2015, sekelompok pria yang memegang pisau menyerang pekerja dan petugas polisi di provinsi Xinjiang, China barat, melintasi pegunungan Karakoram dari Pakistan dan Afghanistan, menewaskan 50 orang.

China dan Pakistan saling menganggap satu sama lain sebagai “teman segala cuaca” dan telah membentuk kemitraan ekonomi, diplomatik, serta militer yang sangat kuat selama beberapa dekade terakhir. China telah menghabiskan $ 62 miliar sejak 2015 untuk memodernisasi infrastruktur Pakistan sebagai bagian dari inisiatif Koridor Ekonomi China-Pakistan (CPEC), sebuah aspek dari proyek One Belt One Road global. Pakistan merayakan prakarsa tersebut dengan mengeluarkan koin baru yang dihiasi bendera Pakistan dan China untuk memperingati persahabatan mereka.

Pada hari Kamis, Menteri Luar Negeri China Wang Yi dan Menteri Luar Negeri Pakistan Tehmina Janjua bertemu di Beijing dan mengeluarkan sebuah pernyataan bersam,a di mana Wang memuji upaya Pakistan dalam melawan ekstremisme, dan menegaskan kembali komitmen China terhadap CPEC. “Mengingat situasi internasional dan regional yang rumit dan berubah saat ini, kepentingan strategis hubungan China-Pakistan bahkan lebih menonjol,” kata Wang.

“Pakistan tidak akan mengubah kebijakannya terhadap China tidak peduli bagaimana situasi domestik bervariasi,” tambah Janjua. “Pakistan akan tetap berkomitmen pada CPEC dan juga mempromosikan kemajuan baru dalam hubungan bilateral kita.”

Sebagai tambahan, juru bicara Kementerian Luar Negeri China Hua Chunying membela Pakistan pada hari Selasa. “Saya harus mengatakan bahwa Pakistan berada di garis depan dalam memerangi terorisme, berkorban untuk memerangi terorisme, memberikan kontribusi penting untuk menegakkan perdamaian dan stabilitas,” kata Hua, pembelaan ketiga untuk Pakistan oleh para pemimpin China dalam beberapa hari ini. (Baca: Ulama Pakistan: Aliansi Militer Saudi di Yaman Bukan Bela Islam atau Arab)

Sebuah survei Kelompok Riset 2016 mengenai opini publik Pakistan menemukan bahwa 84 persen responden memiliki pandangan baik terhadap China, sementara 16 persen memiliki pandangan baik terhadap Amerika Serikat. (SFA)

Sumber: Sputnik

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: