Headline News

Aktifis Laporkan Kejahatan Putra Mahkota Saudi dan EUA di Yaman

Putra Mahkota Arab Saudi dan UEA
Putra Mahkota Saudi dan UEA

YAMAN – Pemenang Hadiah Nobel Perdamaian Yaman Tawakul Kerman pada hari Minggu menegaskan niatnya untuk melaporkan mereka yang bertanggung jawab atas kejahatan perang di Yaman, termasuk Putra Mahkota Mohammed bin Salman dan Abu Dhabi Putra Mahkota Mohammed bin Zayed melalui Pengadilan Kriminal Internasional, seperti dilansir Almaalomah (02/09).

Baca: Fakta Perang Yaman Permalukan Wajah Mohammed Bin Salman dan Arab Saudi

“Laporan PBB terbaru tentang kejahatan perang di Yaman merupakan dasar hukum untuk menuntut mereka yang bertanggung jawab atas kejahatan di Yaman melalui Pengadilan Kriminal Internasional (ICC), yang dipimpin oleh Bin Salman dan Bin Zayed,” kata Kerman dalam sebuah pernyataan yang diterbitkan oleh Al-Jazeera.

Dia menambahkan bahwa “laporan PBB mengungkapkan semua pelanggaran yang mengerikan dan belum pernah terjadi sebelumnya”, itu menunjukkan bahwa “aliansi UAE-Saudi tidak datang ke Yaman untuk mendukung legitimasi.”

Baca: Perang Yaman Akibat Tamak Kekuasaan Putra Mahkota Saudi ‘Muhammad bin Salman’

Aliansi Saudi-UAE telah mengakui kesalahannya dalam serangan udara pada sebuah bus di Sa’ada (Yaman utara) awal bulan lalu, yang menyebabkan puluhan anak-anak meninggal dan terluka.

Sejak adanya “Koalisi Arab” di Yaman pada Maret 2015, organisasi hak asasi manusia telah menuduh Koalisi tersebut telah menyebabkan kematian ratusan warga sipil dengan serangan yang mengerikan dan banyak menyasar warga sipil.

Baca: Fakta Baru AS Bungkam Pembantaian Super Sadis Saudi terbaru di Yaman

PBB memperkirakan bahwa perang di Yaman selama lebih dari tiga tahun telah merenggut nyawa lebih dari sepuluh ribu orang, termasuk lebih dari dua ribu anak-anak. (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: