Internasional

Agresi Saudi Sebabkan Rakyat Yaman di 9 Provinsi Derita Leishmaniasis

Jum’at, 03 Februari 2017 – 14.51 Wib,

SALAFYNEWS.COM, YAMAN – Tidak ada yang dapat membantah bahwa konflik politik, sosial dan budaya yang terjadi di negara yang sedang berkembang berdampak besar pada penurunan kualitas kesehatan di wilayah tersebut.  Perang telah menciptakan masalah baru dalam hal penurunan kualitas kesehatan terutama di wilayah konflik dan pengungsi akibat keterbatasan sarana dan prasarana kesehatan. Begitu pula yang terjadi di Yaman, sebuah negara miskin di Timur Tengah yang terus digempur oleh koalisi Saudi yang saat ini tengah mengalami berbagai krisis termasuk krisis makanan dan kesehatan yang sangat memprihatinkan seperti kelaparan, malnutrisi akut hingga penyakit-penyakit mematikan lainnya. (Baca: Rapat Akbar Para Ulama Yaman Bangkit Hadapi Kekejaman Agresi Saudi)

Sebuah riset di Yaman baru-baru ini mengungkapkan tentang tersebarnya wabah Leishmaniasis (Leishmaniasis adalah penyakit yang disebabkan oleh parasit protozoa yang termasuk dalam genus Leishmania dan ditularkan lewat gigitan sejenis lalat genus Lutzomyia dan Phlebotomus. Penyakit ini dinamai menurut penemunya William Boog Leishman dan juga dikenal sebagai Leichmaniosis, Leishmaniose, dan leishmaniose.) di pusat pemukiman di desa-desa Yaman yang begitu mengerikan dimana prosentase wabah mencapai 94% dari total jumlah seluruh penduduk di provinsi al-Bayda’, Dhamar, Hajjah, Dali’, Ibb, Sana’a, Rayma, Amran dan Mahwit.

Leishmaniasis yang dikenal sebagai penyakit “orang miskin” ini umumnya berkembang di wilayah yang buruk sanitasinya dengan fasilitas kesehatan mendasar yang minim dan juga terkait dengan malnutrisi. Disamping itu Leishmaniasis juga menyebar dengan cepat di wilayah dimana orang atau pekerja  memiliki kebiasaan tidur di alam terbuka. (Baca: 85 % Rumah Sakit Yaman Tutup Akibat Agresi dan Blokade Koalisi Saudi)

Penelitian yang disusun oleh Mohammad Kamil yang merupakan pimpinan Badan Pusat Regional Penanganan Leishmaniasis di Yaman yang diterbitkan baru-baru ini dalam konferensi medis di Turki, menunjukkan bahwa wabah penyakit ini telah menjangkiti ribuan penduduk desa di Yaman terutama anak-anak yang mencapai 57,2%, dan menyebabkan banyaknya kelainan dan kecacatan bahkan menyebabkan kematian, seperti kasus Visceral Leishmaniasis, seperti dilansir oleh Middle East panorama (02/02).

Penyakit Leishmaniasis memiliki 3 jenis, yakni Leishmaniasis kulit, mukosa dan visceral. Leishmaniasis merupakan penyakit akibat parasit yang ditularkan dari serangga kecil yang disebut “lalat pasir betina atau phlebotomine sandflies” baik dari hewan ke manusia maupun dari manusia ke manusia. (Baca: Inilah Pil Pahit Saudi di Timur Tengah)

Sektor medis di Yaman telah mengalami kemerosotan yang signifikan yang menyebabkan penyebaran wabah penyakit di daerah yang jauh dari pusat kota-kota, terutama di pedesaan dan daerah-daerah pedesaan.

Selain itu, tersebar juga wabah kusta, demam berdarah dan epidemi berbahaya lainnya akibat dari  koalisi Saudi yang menggunakan senjata yang mengandung bakteri di banyak daerah di Yaman terutama provinsi Saada dan Hajjah yang menderita wabah dan penyakit-penyakit mematikan. (SFA)

3 Comments

3 Comments

  1. Pingback: Agresi Saudi Sebabkan Rakyat Yaman di 9 Provinsi Derita Leishmaniasis | ISLAM NKRI

  2. Pingback: Agresor Saudi Gunakan Senjata Berat untuk Serang Rumah Warga Sipil di Jawf Yaman – VOA ISLAM NEWS

  3. Pingback: Agresor Saudi Gunakan Senjata Berat untuk Serang Rumah Warga Sipil di Jawf Yaman | ISLAM NKRI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: