Fokus

Advokat SHE: Jerat Pidana untuk Rocky Gerung

Fiksi

Kamis, 12 April 2018 – 13.17 Wib,

BANDUNG – Saiful Huda Ems (SHE) adalah dvokat dan juga seorang penulis dalam akun facebooknya terjadi Tanya jawab seputar jerat pidana kepada Rocky Gerung, berikut ulasannya:

Baca: Sebut Kitab Suci Adalah Fiksi, Abu Janda Polisikan Rocky Gerung

Penanya: Mas SHE, apakah pernyataan Rocky Gerung yang menyatakan semua Kitab Suci itu fiksi, di acara debat ILC yang disiarkan secara langsung oleh TV One dapat dikenai Pasal Pidana?

SHE: Bisa. Dalam kajian hukum saya, Rocky Gerung bisa dikenai Pasal 156 huruf a Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) tentang permusuhan, penyalahgunaan, atau penodaan terhadap suatu agama. Serta Pasal 27 ayat 3 jo. Pasal 28 ayat 2 Undang-Undang ITE tentang pencemaran nama baik dan fitnah yang bermuatan kebencian dan SARA.

Penanya: Apakah Mas SHE sebagai advokat akan melaporkan Rocky Gerung ke pihak yang berwenang, akni kepolisian?

Baca: Rocky Gerung di ILC Sebut Kitab Suci Adalah Fiksi

SHE: Tidak. Karena urusan lapor melapor itu urusan dari teman-teman saya yang lainnya. Saya hanya ingin fokus menulis dan menangani perkara-perkara klien saya saja. Disaat bangsa kita sedang dilanda kegaduhan terus menerus seperti ini, saya lebih ingin menyepi dan menulis untuk mengasah ketajaman berpikir saya sendiri. Saya bukan siapa-siapa, karenanya saya hanya ingin menyelamatkan nalar sehat saya untuk nantinya dapat saya tularkan pada siapapun yang memerlukannya. Mungkin mereka itu anak cucu saya kelak, dan mereka orang-orang yang saya cintai.

Penanya: Kalau gitu Rocky Gerung bisa bebas merdeka dong?

SHE: Kan sudah ada teman yang melaporkannya? Biarlah semuanya diproses secara hukum. Rocky Gerung tidak akan bisa bebas, selamanya ia akan dibebani dosa sebelum dia benar-benar bertaubat. Ancaman hukuman penjara untuknya paling lama 5 tahun, tetapi ancaman hukuman Tuhan untuknya, siapakah yang dapat memastikan lama waktunya?…(SHE).

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: