Fokus

Ada Tangan Saudi Dalam Penembakan di Ahvaz Iran

Yadollah Javani

TEHERAN – Pasukan pengawal Revolusi Islam Wakil Komandan Korporat untuk Urusan Politik Brigadir Jenderal Yadollah Javani memperingatkan bahwa IRGC akan memberikan tanggapan yang menghancurkan terhadap para teroris dan pendukung mereka yang mendalangi serangan Sabtu di kota Ahvaz di Barat Daya.

Baca: Kedubes Iran Diserang Teroris Komala, Deplu Iran Kecam Polisi Prancis

Sementara itu, Kepala Departemen Pengawal Revolusi Islam Korps dan Juru Bicara Jenderal IRGC Ramezan Sharif mengatakan kepada kantor berita ISNA bahwa teroris yang menyerang orang-orang selama pawai Angkatan Bersenjata di Ahvaz berafiliasi dengan al-Ahvaziyeh yang dipelihara oleh Arab Saudi.

Dia menambahkan bahwa para teroris bertujuan untuk membayangi kemegahan parade-parade Angkatan Bersenjata Iran.

Jenderal Sharif mengatakan bahwa orang-orang juga diundang untuk menonton pawai dan para teroris baik menembaki orang-orang dan Angkatan Bersenjata.

Dia mengatakan bahwa serangan semacam itu adalah preseden dan kelompok teroris al-Ahvaziyeh sebelumnya telah menembaki konvoi orang-orang yang mengunjungi kota-kota Selatan Iran yang menentang agresi Saddam selama 8 tahun perang yang dipicu Irak terhadap Iran di tahun 1980-an.

“Aksi-aksi buta semacam itu pasti akan menerima tanggapan yang keras “dan akan membuat para teroris dan pendukung mereka menyesal atas perbuatan mereka, Jenderal Javani mengatakan pada FNA pada hari Sabtu.

Baca: Ayatollah Ali Khamanei: AS Akan Sia-sia Pecah Belah Bangsa Iran

“Kelompok teroris di Ahvaz dan juga para pendukung regional dan trans-regional mereka akan segera membayar harga yang berat untuk kejahatan mereka,” tambahnya.

Jenderal Javani menggarisbawahi bahwa kejahatan seperti itu oleh musuh akan semakin menyatukan bangsa Iran.

29 orang tewas dan 70 orang terluka dalam serangan Sabtu pagi oleh kelompok teroris al-Ahvaziyeh selama parade militer nasional di kota Ahvaz di Barat Daya Iran.

Sebelumnya, Gubernur Jenderal Ahvaz Gholamreza Shariati mengatakan kepada kantor berita IRNA bahwa “para korban telah dipindahkan ke rumah sakit Ahvaz”.

Dia menambahkan bahwa para teroris menyerang para pengunjung yang menyaksikan pawai Angkatan Bersenjata tahunan, menandai dimulainya Pekan Pertahanan Suci, memperingati pengorbanan orang-orang Iran selama 8 tahun perang Irak yang diberlakukan terhadap Iran pada tahun 1980-an, yang menyamar sebagai Pengawal Revolusi Islam. Korps (IRGC) dan pasukan Basij (sukarelawan), membunuh dan melukai beberapa orang, termasuk perempuan dan anak-anak yang tidak bersalah.

Baca: Komentar Telak Teheran, Musuh Sepadan Iran Adalah AS Bukan Saudi

Shariati mengatakan bahwa tidak ada pejabat yang berpartisipasi dalam parade militer di kota Ahvaz di provinsi Khouzestan terluka dalam serangan itu.

Dia juga mengatakan bahwa berdasarkan laporan awal, 4 teroris melakukan serangan Sabtu di Ahvaz, menambahkan bahwa dua dari mereka tewas dan dua lainnya ditangkap.

Tapi, Juru Bicara Brigadir Jenderal Angkatan Bersenjata Iran Abolfazl Shekarchi mengatakan kepada FNA bahwa 4 teroris melakukan serangan selama parade militer di Ahvaz, mencatat bahwa tiga dari mereka tewas dan yang terakhir ditangkap oleh pasukan keamanan.

Dia menambahkan bahwa tidak ada teroris yang bisa melarikan diri, mencatat bahwa laporan lain tentang rincian serangan tidak dikonfirmasi. (SFA)

1 Comment

1 Comment

  1. Pingback: Suriah Kecam Aksi Terkutuk Teroris di Ahvaz | SALAFY NEWS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: