Headline News

88 Bus Menuju Kefraya dan Foua Untuk Evakuasi Warga Idlib Suriah

Bus Evakuasi Warga Kefraya dan Foua
Puluhan Bus Evakuasi Warga Kefraya dan Foua

SURIAH – Puluhan bus telah tiba di Kefraya dan al-Foua, provinsi Idlib, sebagai bagian dari kesepakatan evakuasi penduduk setempat untuk keluar dari kota-kota yang telah lama dikepung oleh militan yang didukung asing, seperti dilansir PressTv (18/07).

Baca: 8 Bulan, 8 Ribu Teroris Tewas dan Terluka di Idlib Suriah

Televisi pemerintah Suriah melaporkan pada hari Rabu bahwa 88 bus dan beberapa ambulan siap mengevakuasi warga sipil dari Kefraya dan al-Foua, yang telah dikepung oleh teroris sejak Maret 2015.

Seorang komandan militer mengatakan, total ada 6.300 orang yang diperkirakan akan dievakuasi dari daerah itu.

Sumber-sumber militan mengatakan Iran telah merundingkan kesepakatan dengan kelompok teroris Hayat Tahrir al-Sham, di mana semua penduduk akan dievakuasi dari Kefraya dan al-Foua.

“Kami sekarang bekerja untuk pengaturan logistik,” kata seorang sumber yang akrab dengan negosiasi.

Pemerintah Suriah dan sekutunya biasanya berusaha untuk mengamankan kesepakatan evakuasi dengan militan untuk mengurangi korban sipil setelah operasi militer.

Baca: Komandan SAA: Idlib Akan Menjadi Akhir Konflik Suriah

Evakuasi baru akan dimulai berdasarkan kesepakatan, yang dikenal sebagai “Perjanjian Empat Kota,” yang dicapai tahun lalu antara pemerintah Suriah dan militan. Kesepakatan itu, bagaimanapun, tidak pernah sepenuhnya dilaksanakan.

Pada bulan April 2017, ribuan warga Kefraya dan al-Foua dikerahkan ke daerah-daerah yang dipegang pemerintah dalam pertukaran tahanan teroris, sebagai gantinya, perjalanan aman bagi ratusan orang yang tinggal di dua kota yang dikuasai militan dekat Damaskus, Madaya dan Zabadani.

Namun, evakuasi sekitar 7.000 warga Kefraya dan al-Foua dengan imbalan pembebasan 1.500 tahanan militan tidak berhasil. Evakuasi warga Fou’a dan Kefraya di Idlib serta Zabadani dan Madaya di Rif Dimashq dimulai sebagai bagian dari kesepakatan antara Damaskus dan militan.

Sumber militan yang akrab dengan perundingan mengatakan kepada Reuters bahwa lebih dari 1.500 tahanan sipil dan militan akan dibebaskan berdasarkan kesepakatan evakuasi terbaru.

Baca: AU Suriah Gunakan Kekuatan Penuh Hajar Teroris di Idlib

Ia menambahkan bahwa kesepakatan itu juga termasuk pembebasan 34 tahanan yang ditahan oleh gerakan perlawanan Hizbullah Lebanon, yang telah membantu tentara Suriah – bersama dengan Iran dan Rusia – dalam perang kontra-terorisme.

Sementara itu, Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia (SOHR) melaporkan bahwa kesepakatan evakuasi dicapai pada hari Selasa antara Rusia dan militan yang didukung Turki.

Kelompok pemantau yang berbasis di Inggris mengatakan bahwa kesepakatan itu “mengatur evakuasi total” warga Kefraya dan al-Foua ke wilayah di Provinsi Aleppo yang berdekatan. (SFA)

1 Comment

1 Comment

  1. Pingback: Perang Akbar Rusia-Suriah Tumpas ISIS di Idlib | SALAFY NEWS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: