Fokus

50 Juta Akun Bobol, Kominfo Minta Penjelasan Segera Facebook

Facebook dibobol
Facebook dibobol

JAKARTA – Facebook baru mengumumkan 50 juta akun penggunanya yang dibobol oleh hacker. Kini Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) pun minta pihak Facebook segera memberi penjelasan secara resmi.

Pada tanggal 25 September lalu sistem Facebook telah dibobol oleh hacker yang melakukan eksploitasi pada celah keamanan. Hal itu berimbas pada 50 juta akun pengguna Facebook dibobol hacker. Hal ini diumumkan Google pada hari Sabtu (29/9/2018).

Baca: Tomi Lebang: Skandal Facebook: Data yang Membelokkan Fakta

Menanggapi hal tersebut, sehubungan dengan kemungkinan adanya akun Facebook pengguna dari Indonesia yang ikut terimbas, Kominfo akan langsung mengirim surat ke pihak Facebook Indonesia untuk memberi penjelasan resmi.

“Kami akan mengirimkan surat kepada Facebook hari ini agar mereka menjelaskannya,” ujar Dirjen Aplikasi Informatika (Aptika) Semuel Abrijani Pangerapan dalam sambungan telepon dengan detikINET, Senin (01/10).

Baca: HEBOH! Skandal Cambridge Analytica, Politik Kotor dan Bobolnya Data Facebook

Berdasarkan pengamatan Dirjen Aptika melalui pemberitaan yang ada, kasus yang terjadi pada Facebook saat ini berbeda dengan skandal penyalahgunaan data penggunaan oleh pihak ketiga, Cambridge Analytica.

“Facebook punya fitur baru, nah ada orang yang melihat kalau fitur tersebut ada celah atau kelemahan. Nah, itu orang yang memanfaatkan kelemahan tersebut,” tuturnya.

Baca: Rusia Akan Tutup Facebook

“Sekarang kalau ada terjadi sesuatu pada Facebook, mereka akan langsung mengumumkannya ke publik,” kata mantan Ketua Umum APJII ini.

Kini Facebook Indonesia diberi waktu untuk segera menjelaskan permasalahan tersebut secara resmi. “Harus segera dijelaskan dong. Paling tidak tiga hari setelah Kominfo kirimkan surat, apa itu di-hack atau bagaimana, apakah ada yang terdampak di Indonesia dan bagaimana menyelesaikannya, dan sebagainya.” (SFA/Detik)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: